Polisi Ungkap Alasan NCT 127 Boleh Konser Tapi Dewa 19 Diundur

NCT 127
Sumber :
  • instagram.com/nct127

VIVA Metro – Konser NCT 127 2ND TOUR ‘NEO CITY : JAKARTA – THE LINK’ digelar hari ini dan besok, 5 November 2022. Sementara itu, konser Dewa 19 harusnya digelar tanggal 12 November 2022, namun diundur.

Airlangga Ungkap 26.000 Kontainer Tertahan di Pelabuhan Gegara Dokumen Izin Impor dan Pertek 

Polisi pun mengungkap alasan kenapa konser NCT 127 tidak diundur namun konser Dewa 19 diundur. Polda Metro Jaya mengklaim karena izin yang diajukan oleh pihak penyelenggara konser NCT 127 sudah lama. Sementara itu, untuk penyelenggara konser Dewa 19 sudah menjual banyak tiket padahal belum memperoleh izin.

NCT 127

Photo :
  • SM Entertainment
Musisi Legendaris Tony Wenas Gelar Konser Pertama Persembahan PAPPRI

"Mereka memang izinnya sudah lama keluar," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat 4 November 2022.

Dengan kata lain, perbedaannya lantaran penyelenggara konser Dewa 19 terlalu mepet dalam meminta perizinan ke polisi. Mereka belum mengantongi izin tapi sudah menjual tiket. Bahkan tiketnya sudah terjual hingga 60 ribu lembar. Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan ini mengatakan, harusnya penyelenggara mengantongi izin terlebih dahulu baru menjual tiket.

Siap-siap, Ungu akan Gelar Mini Konser di Jakarta

Konser Pesta Rakyat Dewa 19 di JIS resmi ditunda

Photo :
  • IG @officialdewa19

"Kan Polda belum ada izin tapi mereka sudah jual tiket. Mestinya kantongi izin dulu baru jual tiket," kata Zulpan.

Sebelumnya diberitakan, polisi mempersiapkan beberapa hal guna antisipasi kerumunan penonton konser NCT 127 2ND TOUR ‘NEO CITY : JAKARTA – THE LINK’. Mulai dari pintu darurat samai posko ksesehatan di lokasi.

"Menyiapkan posko kesehatan, pintu darurat yang banyak, siapkan pengamanan," ujar Kapolres Tangerang Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi Sarly Sollu kepada wartawan, Kamis 3 November 2022.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menyebut pihaknya juga menyiapkan sistem guna bisa menghitung jumlah penonton yang masuk ke dalam area konser. Kata Sarly, berdasar surat pemberitahuan, jumlah tiket yang dijual sebanyak 8 ribu. Sementara untuk kapasitas ICE BSD yaitu sekitar 10 ribu. Sarly menambahkan pihaknya pun menerjunkan ratusan personel guna mengawal jalannya konser NCT ini.

"Sistem tiketing dengan masuk dengan sensor untuk ketahui jumlah masuk. (Diterjunkan) 250 personel," ucap Sarly lagi.

Batal

Untuk diketahui, Polisi mengungkap alasan perhelatan konser Dewa 19 yang akan diselenggarakan di Jakarta International Stadium, pada 12 November 2022, diundur.

Usut punya usut, polisi mengklaim kalau konser tersebut belum mengantongi izin kepolisian. Hal tersebut diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan.

"Jadi konser itu memang ditunda pelaksanaannya karena memang, pertama, belum keluar rekomendasi izin dari kepolisian. Rekomendasi izin penyelenggaraan acara," ucap dia kepada wartawan, Rabu 2 November 2022.

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu menegaskan belum ada izin penyelenggaraan yang dikeluarkan pihaknya terkait konser ini. Pihaknya menyayangkan sikap panitia yang sudsh menjual tiket padahal masalah perizinan belum tuntas dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya