Pj Gubernur DKI Sebut Tarif Transjakarta ke Bandara Soetta Rp 3.500

Busway / Transjakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono  mengatakan tarif Transjakarta dalam layanan rute baru menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) juga masih menggunakan subsidi sehingga tarifnya sebesar Rp 3.500.

Sempat Ditahan 1 Tahun 4 Bulan, Bea Cukai Bebaskan Alat Belajar Siswa SLB

"Iya (Rp 3.500). Ya bagian dari tugasnya Transjakarta kan melayani penduduk Jakarta," ujar Heru pada wartawan di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Jumat, 16 Juni 2023.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu menjelaskan uji coba Transjakarta dari terminal Kalideres menuju Bandara Soetta itu masih dalam tahap perencanaan. "Ya nanti masih di cek dulu, perkembangannya saya tanya Dinas Perhubungan dulu," kata dia.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Bus Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Sebelumnya diberitakan, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sedang mengkaji atau menghitung tarif layanan bus Transjakarta rute ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). 

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan, tarif yang akan dikenakan dalam layanan bus Transjakarta rute Bandara Soetta itu belum tentu sebesar Rp 3.500.

Perbedaan tarif itu terjadi karena tarif layanan bus Transjakarta sebesar Rp 3.500 yang berlaku saat ini merupakan harga subsidi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ini karena masih dihitung, ini akan kami kaji dari sisi layanan. Jika layanan Rp 3.500 itu tentu skema subsidi. Tapi dari sisi jaringan dan lain sebagainya harus dilihat," kata Syafrin kepada wartawan, Rabu, 14 Juni 2023.

Syafrin menyebutkan perhitungan tarif layanan bus Transjakarta ke Bandara Soetta harus dikaji lebih dalam. Sebab, layanan dengan rute baru ini hanya dipergunakan untuk karyawan di lingkungan bandara. "Ini juga jadi faktor penentu dan kemudian pada saat kajian sudah lengkap ini akan diumumkan," katanya.

Syafrin menargetkan rute layanan bus Transjakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) ditempuh maksimal 90 menit. "Maksimum 90 menit dengan tingkat kepadatan yang ada sekarang," ujarnya.

Kendati demikian, pihak Syafrin akan menetapkan waktu tempuh layanan bus Transjakarta menuju Bandara Soetta itu pada saat uji coba nantinya. Uji coba itu dilakukan pada awal bulan Juli 2023 dengan 15 unit bus diberangkatkan dari terminal Kalideres menuju Bandara Soetta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya