Rute Baru ke Bandara, Heru Budi Sebut Bus Transjakarta Bisa Angkut 2.500 Penumpang per Hari

Bus Transjakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menjajal rute baru layanan Transjakarta dari Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Rabu, 5 Juli 2023.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Heru Budi mengatakan, bus Transjakarta rute baru ini dapat menampung 2.500 orang per hari. Dia menilai masyarakat banyak menggunakan rute tersebut. 

"Jadi satu hari bisa ngangkut 2.500 (penumpang), dan ini kalau saya lihat dari titik-titik awal dari Kalideres sampai bandara memang bangkitan untuk menggunakan transportasi cukup tinggi," kata Heru Budi kepada wartawan di Bandara Soetta, Rabu, 5 Juli 2023.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Bus Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry

Heru Budi juga mengaku akan membenahi segala persiapan yang masih kurang demi memberikan pelayanan dan kenyamanan terbaik untuk masyarakat di Ibu Kota.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

"Tentu nanti kami Transjakarta membenahi diri supaya tetap melayani rekan-rekan dan masyarakat," kata dia.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu juga mengaku masih ada hambatan yang terjadi di sejumlah titik selama perjalanan berlangsung. Di antaranya ruas jalan dekat kampung yang padat penduduk hingga tanjakan.

"Di saat-saat tadi tertentu bisa cepat, tapi kita tadi tidak cepat, kita posisinya tadi adalah stabil, 30 km/jam. Jadi di hari H-nya atau secara umum bisa kecepatannya 40 sampai 50 km/jam. Tadi kan kecepatannya 30 km/jam, stabil tadi. Jadi nanti kecepatannya akan bertambah sesuai dengan kondisi lalu lintas," kata dia. 

Uji coba rute baru Transjakarta ini diikuti oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono; Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo; Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dan Direktur Utama PT Transjakarta, Welfizon Yuza. 

Heru Budi mengatakan bahwa dengan hadirnya rute baru Transjakarta dari Kalideres menuju Bandara Soetta ini dapat memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat. 

"Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk melayani masyarakat DKI Jakarta yang bekerja di sekitar bandara, melayani masyarakat yang memang pulang pergi adalah di wilayah Bandara dan kembali ke rumah mereka di Jakarta," kata Heru Budi.

Heru juga menyebutkan, rute ini melayani masyarakat dari mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Kemudian, sore hari pukul 18.00 sampai dengan 21.00 WIB.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini menyebut, pihak Transjakarta bakal mengevaluasi layanan rute baru ini dan mengkaji tarif. Termasuk mengevaluasi perlintasan dan jam operasional.

Selama masa uji coba 2 minggu ke depan, masyarakat dapat mencoba gratis rute baru ke bandara Soetta. "Jadi terkait tarif nanti dihitung dari hasil survei. Dua minggu ke depan 0 rupiah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya