Heru Budi Akui Banyak Kekurangan PPDB DKI 2023, Ini Kendalanya

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengaku pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta pada tahun ini masih banyak kekurangan.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

Heru Budi pun membeberkan beberapa kendala dalam PPDB DKI tahun 2023, di antaranya yaitu pendaftaran lewat jalur afirmasi dan zonasi yang menimbulkan kebingungan, hingga orang tua siswa yang lupa akun PPDB.

"Ya itu pasti ada kekurangan, pasti ada pelayanan masih kurang dan tentunya saya mohon maaf," ujar Heru Budi kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali.

Kendati begitu, Heru Budi memastikan Dinas Pendidikan DKI Jakarta bakal mengevaluasi mekanisme PPDB agar berjalan lebih baik pada tahun ajaran berikutnya.

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

"Tapi sejauh ini sih 80 persen bagus. Temuannya kurang lebih ada 23, tidak banyak sih. tapi kalau memang ini menjadi evaluasi, kita evaluasi tahun depan," ucap Heru.

Ia mengaku akan meminta wakil kepala dinas pendidikan untuk mengevaluasi jarak penerimaan tersebut. Saat ini, Heru akan fokus dalam memastikan kegiatan belajar mengajar (KBM) di DKI Jakarta berjalan baik. 

"Saya minta evaluasi ke wakil kepala dinas pendidikan soal jarak penerimaan. Ya, pertama pastikan anak-anak bisa masuk sekolah dengan baik terus ya mereka orientasi, terus pastikan guru-guru bisa mengajar dengan baik," katanya.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu juga sempat melihat anak-anak di SDN Duren Sawit 07 dan 08, Jakarta Timur, sedang melaksanakan kegiatan KBM dengan baik. "Mereka berani mengekspresikan diri dan itu bagus. Semuanya baik-baik dan pintar," kata Heru.

Heru lantas mengimbau pihak sekolah dapat mengurangi penggunaan barang plastik sekali pakai. Setiap siswa juga dianjurkan untuk membawa tempat minum dan makanan dari rumah.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan DKI mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SD, SMP dan SMA serta SMK tahun pelajaran 2023/2024 berjalan dengan lancar dan seluruh aduan sudah ditindaklanjuti.

"PPDB DKI Alhamdulillah semua berjalan lancar, sistemnya juga lancar, kemudian terima kasih pada semua pihak dan media ikut membantu sosialisasikan dan segala macam, dan terima kasih masyarakat yang sudah semakin dewasa semakin baik menyikapi PPDB," ujar kata Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo kepada wartawan, Jumat 14 Juli 2023.

Purwosusilo menjelaskan semua aduan dari orang tua murid melalui posko yang disediakan sudah ditangani. Namun, dia tak menjelaskan detail berapa banyak aduan yang masuk.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga menyediakan aduan posko secara daring dan luring, sehingga orang tua murid dapat berkomunikasi dengan petugas dengan baik.

"Kami menyiapkan posko dan call center. Yang mana call center itu letaknya di disdik dan posko sudin di 11 wilayah. Kemudian, yang dilakukan petugas posko itu melayani masyarakat. Masyarakat bisa melalui luring maupun daring. Masyarakat mengunjungi posko secara luring atau daring dimana itu banyak kategori keperluannya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya