Atasi Polusi Udara di Depok, Wali Kota Siapkan Surat Edaran

Balai Kota Depok.
Sumber :
  • ANTARA/Feru Lantara

Depok – Polusi udara di Depok dan sekitarnya menjadi perhatian serius. Pemerintah Kota Depok akan mengeluarkan surat edaran (SE) terkait penanganan masalah polusi udara. 

Bobby Nasution Tunjuk Pamannya Jabat Plh Sekda Medan, Ini Penjelasan Benny Siregar

“Kalau nggak salah hari ini keluar SE Walikota,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri, Rabu, 30 Agustus 2023.

SE dikeluarkan sebagai upaya Pemkot Depok mengatasi persoalan polusi udara. “Menindaklanjuti apa yang menjadi arahan pemerintah pusat untuk wilayah Jabodetabek, ada beberapa hal yang harus kita tindaklanjuti baik dalam waktu dekat ataupun jangka panjang,” ujarnya.

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

SE akan mengatur mengenai upaya yang dilakukan untuk pencegahan polusi udara. Mulai dari tidak diperbolehkan membakar sampah, mengurangi naik kendaraan pribadi dan beralih ke kendaraan umum, mengurangi asap rokok. Termasuk mengenai penggunaan masker, menjaga kesehatan dan penghijauan.

Ilustrasi polusi udara.

Photo :
  • Pixabay
Toyota Eco Youth 2024: Berkat Sampah Bisa Ketemu Barack Obama

“Itu tertuang nanti dalam surat edaran pak wali, hari ini kalau tidak salah sudah ada SE-nya. Detailnya nanti ada di SE, termasuk langkah jangka panjang dengan penghijauan dan uji emisi buat kendaraan,” ujarnya.

Pemkot Depok juga sudah melakukan upaya untuk antisipasi terjadinya peningkatan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Teman-teman di Puskesmas sudah standby jika penyakit ISPA naik. Kita sudah upayakan antisipasi, termasuk imbauan kepada warga yang kondisinya kurang bagus untuk menggunakan masker,” ujarnya.

Selain itu juga dilakukan monitoring udara setiap hari di wilayah Depok. kemudian dilakukan koordinasi dengan wilayah lain .

“Sebetulnya kualitas udara Depok masih kondisi normal. Tetapi kita harus koordinasi dengan wilayah lain karena udara tidak kenal wilayah administratif. Karena itu, dilakukan upaya yang serentak di Jabodetabek,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya