Mobil Milik Disnaker DKI Ngebul di Mampang, Heru Budi: Sopir Udah Disetrap

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono buka suara soal mobil pelat merah milik Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) DKI yang viral karena knalpotnya mengeluarkan asap ngebul di Mampang, Jakarta Selatan (Jaksel).

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Heru menyebutkan, sang sopir sudah diberi sanksi terkait hal tersebut. "Driver (sopir) sudah disetrap," ujarnya kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 11 September 2023.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu juga menegaskan bahwa saat kejadian viral tersebut, mobil milik Disnaker itu sudah mengalami kerusakan sehingga mengeluarkan asap ngebul. 

Viral Pria Ponorogo Mirip Shin Tae-yong, Videonya Direpost Marselino Ferdinan

Heru Budi juga mengingatkan kepada seluruh kendaraan operasional dinas agar selalu dirawat. "Sebenarnya gini, mobilnya rusak, kemudian dia ingin bawa mobilnya ke bengkel. Ya kan dibawa, kebetulan ngebul. Semua kendaraan dinas harus dicek, wajib," katanya.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali.
Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Kadis Nakertransgi) DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan alasan diberikan sanksi kepada sopir, karena mobil pelat merah milik Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) DKI tidak dirawat atau di-service secara berkala, sehingga mengeluarkan asap ngebul yang membuat masyarakat tidak nyaman.

Viral mobil berpelat merah keluarkan asap banyak dari knalpot

Photo :
  • Istimewa

"Dia (sopir) harusnya lihat kondisi parah seperti itu, harusnya lihat. Sekarang mobil masih di bengkel," katanya. 

Adapun bengkel tersebut berlokasi di daerah Jakarta Selatan, bernama MarsAuto Care. Hari mengatakan, setelah dilakukan perbaikan, mobil tersebut akan diuji emisi. "Servis dulu, begitu sudah perbaikan bagus, baru nanti diuji emisi," ujarnya.

Sebelumnya, viral di media sosial video mobil Nissan Navara kondisi knalpotnya mengeluarkan asap mengebul saat melintasi Jalan Mampang, Jakarta Selatan.

Salah satunya di-posting akun Instagram @merekamjakarta. Mobil itu memiliki pelat nomor B 9041 PSD. Pelat nomornya berwarna merah. Kejadian ini disebut terjadi pada Minggu, 10 September 2023 lalu.

"Mobil pelat merah keluarkan asap dari knalpot, warga: polusi bro, kacau kacau," demikian seperti dikutip, Senin 11 September 2023.

Terkait hal ini, polisi pun angkat bicara. Kapolsek Mampang, Komisaris Polisi David Kanitero mengatakan mobil itu diduga milik dinas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Saya cek dari nopol-nya itu punyanya Pemprov DKI," ujarnya.

Namun, David mengaku pihaknya masih mendalami dari dinas mana mobil tersebut. Apabila sudah diketahui, menurut dia, polisi bakal meminta untuk dilakukan uji emisi.

"Mohon waktu saya pastikan dulu punya dinas mananya ya. Kalau sudah pasti, rencana Kapolsek Mampang akan komunikasi dan koordinasi dengan dinas tersebut agar kendaraan tersebut segera dilakukan uji emisi dan tidak menambah polusi di Jakarta," katanya.

.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya