Heru Budi Pastikan Tak Gusur TK saat Revitalisasi Taman Gudang Peluru

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi memastikan tidak akan menggusur sekolah tingkat taman kanak-kanak (TK) saat pihaknya revitalisasi Taman Gudang Peluru dikerjakan.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

Hal tersebut ditegaskan Heru Budi usai warga setempat khawatir TK Gudang Peluru bakal digusur pasca Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI memutuskan untuk merevitalisasi Taman Gudang Peluru, Tebet, Jakarta Selatan.

"Pemprov DKI tidak pernah punya niat gusur TK. Saya lama di Gudang Peluru dari tahun 80," kata Heru Budi kepada wartawan di Gedung DPRD DKI, Senin, 11 September 2023.

Benteng Vredeburg Yogyakarta Direvitalisasi, Bakal Ada Wisata Malam

Ia juga menjamin TK Gudang Peluru tidak akan digusur, dan TK ini diperbolehkan beroperasi kembali di Taman Gudang Peluru apabila proses revitalisasi sudah selesai. 

"Kita kan mau perbaiki taman dan memperbaiki gedung supaya lebih bagus. Mereka boleh di situ. Setelah dirapikan silahkan menjalankan kegiatan ngajar-mengajar TK," kata dia.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali.

Sebagai informasi, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta telah mengumumkan akan merevitalisasi sejumlah taman, termasuk Taman Gudang Peluru, Tebet, Jakarta Selatan. Hal ini sebagai upaya meningkatkan kualitas ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta.

Kepala Distamhut DKI Jakarta Bayu Meghantara memastikan, selain untuk meningkatkan kualitas RTH, revitalisasi yang akan dilakukan juga tetap menjaga fungsi sosial dari taman tersebut sebagai ruang interaksi masyarakat.

Sebelum revitalisasi dimulai, pihaknya juga mempertimbangkan beberapa aspek teknis dan aspirasi warga setempat. Ia pun memastikan, TK Gudang Peluru yang ramai diperbincangkan belakangan ini, hanya direlokasi sementara selama revitalisasi taman berlangsung.

“Terkait dengan keberadaan TK Gudang Peluru, tidak benar jika TK tersebut digusur. TK akan direlokasi sementara sampai dengan penataan Taman Gudang Peluru selesai dilaksanakan. Kami sudah memberikan beberapa lokasi alternatif untuk relokasi sementara, salah satunya di SDN 07 Kebon Baru,” ujarnya, dalam Siaran Pers.

Sebagai informasi, rencana revitalisasi Taman Gudang Peluru ini sudah didahului dengan proses Focus Group Discussion (FGD) dan sosialisasi bersama sejumlah pihak.

Pihak yang dimaksud antara lain perwakilan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Suku Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jakarta Selatan, Suku Dinas Cipta Karya, dan Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Selatan.

Kemudian Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan, Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Selatan, Kelurahan Kebon Baru, pengurus Yayasan TK Gudang Peluru, warga Gudang Peluru, KPAI, dan Ombudsman RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya