Kebakaran Pabrik Sandal di Penjaringan, 120 Personel Damkar Dikerahkan

Kebakaran pabrik sandal di Penjaringan
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta – Kebakaran besar melanda sebuah pabrik sandal di Jalan Kapuk Muara, 005/004, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat 15 September 2023 siang, dan hingga kini masih membara.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan, sejumlah kendala dihadapi petugas kebakaran untuk memadamkan api.

"Masih belum ada informasi (korban), kita masih konsentrasi ke proses pemadaman, karena cukup luas juga wilayahnya," ujar Satriadi Gunawan dalam keterangannya, Jumat 14 September 2023.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Satriadi mengatakan, sumber air sekitar lokasi tidak mumpuni untuk digunakan sebagai alat pemadam. Bangunan pabrik yang terbakar cukup luas, menjadi kendala tersendiri bagi petugas.

"Kalau itu sumber airnya masih, terus kemudian karena bangunannya cukup luas ya, terdampak jadi ya dan itu kan banyak sekat-sekat ruangan yang harus kita padamkan dan bangunannya sudah tidak ideal lagi lah, konstruksinya sudah berubah, karena itu yang mungkin perlu kehati-hatian anggota masuk ke dalam," ujarnya.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Hingga kini petugas pemadam kebakaran masih fokus melakukan pemadaman api agar tidak sampai membakar pemukiman warga. Pihak Damkar sendiri mengerahkan 120 personel ke lokasi untuk pemadaman.

"Pengerahan unit/personil 24 unit/120 personel. Makanya kita lagi fokus ke lokalisir TKP nya jangan sampai terjadi perambatan ke pemukiman," ujarnya.

Diketahui petugas damkar menerima laporan terjadinya kebakaran pabrik sandal tersebut pada 11.29 WIB.

Situasi kebakaran hingga kini masih tampak asap hitam membubung dari lokasi kebakaran, dan belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

Tempat kejadian kebakaran itu terjadi di Jalan Kapuk Muara, 005/004, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya