Rakernas Pengelolaan Keuangan Daerah 2023 Dibuka, Wali Kota Tangsel Paparkan Program Unggulan

Pembukaan Rakernas Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2023.
Sumber :
  • Istimewa

Serpong – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2023 yang digelar di Swiss-Belhotel, Serpong, Tangerang Selatan, resmi dibuka, Kamis, 21 September 2023

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Pembukaan rakernas secara resmi dilakukan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni didampingi Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Benyamin memaparkan berbagai program unggulan dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Mulai dari sisi capaian hingga terobosan maupun inovasi bentuk pelayanan ke masyarakat.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

"Sebagai kota baru, Tangsel memiliki Indeks Pembangunan Manusia yang tertinggi se-Banten. Lalu, di tahun 2022 penurunan angka stunting yang luar biasa dari sebelumnya 19,9 persen menjadi 9 persen," ujar Benyamin dalam keterangannya.

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie

Photo :
  • Pemkot Tangsel
PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Pemkot Tangsel juga meraih kota layak anak, penurunan angka pengangguran hingga penurunan angka kemiskinan. "Tangsel juga meraih WTP (wajar tanpa pengecualian) sebanyak 11 kali, lalu tingkat pendapatan asli daerah kita juga meningkat," ujar Benyamin.

Dia mengatakan, target tahun 2023, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tangsel sebesar Rp 1,9 triliun. Sedangkan tahun lalu ada di angka Rp 1,7 triliun. "Jadi kalau total pendapatan Tangerang Selatan, baik itu dari PAD dan dana perimbangan untuk tahun 2023 ini sebesar 3,7 triliun rupiah," ujarnya.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni mengapresiasi pencapaian Tangerang Selatan. Ia menyebutkan, Tangerang Selatan sebagai kota yang kemajuannya sangat pesat.

"Kita semua wajib mengucapkan terima kasih kepada Pak Wali Kota dan seluruh jajaran, yang menyelenggarakan kegiatan hari ini. Kegiatan hari ini sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan," katanya.

Dengan penyelenggaraan rakernas ini, lanjut dia, ada keuntungan yang juga didapat oleh Kota Tangerang Selatan. "Bisa dibayangkan ada 1.200 lebih peserta yang hadir, bisa dibayangkan itu berapa banyak uang yang masuk di PAD-nya Tangerang Selatan," ujarnya.

Menurut dia, hal ini dapat dicontoh oleh daerah lain untuk melaksanakan kegiatan yang dampaknya bisa secara nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya