Bantah Pengakuan Otto Hasibuan, Krishna Murti Tegaskan Jenazah Mirna Diautopsi

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti
Sumber :
  • Instagram: Krishna Murti

Jakarta – Kasus kopi sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin kembali menjadi perhatian publik karena film dokumenter mengenai kasus tersebut telah tayang di Netflix. Film dokumenter tersebut berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso.

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

Dalam film tersebut terungkap beberapa kejanggalan yang baru diketahui oleh publik, salah satunya adalah tidak dilakukan autopsi terhadap jenazah Mirna. Hal ini gegara keluarga Mirna tidak mengizinkan jasadnya diautopsi untuk kebutuhan kasus tersebut. 

Sementara itu, Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Irjen Pol Krishna Murti akhirnya buka suara mengenai masalah yang sedang heboh tersebut. Dia merupakan salah seorang polisi yang bertugas menangani kasus tersebut bersama dengan Ferdy Sambo. 

Kematian Brigadir Ridhal Ali Janggal, Kapolda Sulut Terbangkan Tim Khusus ke Jakarta

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti

Photo :
  • Instagram: Krishna Murti

Dalam unggahan terbaru di Instagram yang saat ini telah hilang, Krishna Murti menegaskan bahwa jenazah mirna telah diautopsi. Ia kemudian menyinggung pengacara dari terpidana kasus sianida Jessica Wongso, Otto Hasibuan

Terkuak, Ada Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

"Jelas di sidang ada otopsi, jelas di sidang terbuka 40X terbuka utk umum terlihat nyata bahwa semua prosedural? Tidak perlu ada penjelasan apa pun atas sistem peradilan pidana yg fair tdk boleh hanya karena opini orang yg punya kepentingan," ungkapnya dalam akun Instagram pribadinya.

Krishna Murti menyebut bahwa autopsi Mirna Salihin telah dilakukan oleh dokter secara resmi. Oleh sebab itu, ia merasa heran karena belakangan ini justru malah beredar asumsi yang bertolak belakang dengan fakta tersebut. 

"Siapa bilang tidak ada otopsi? Hasil otopsi disebut VER dan selanjutnya dikuatkan oleh ahli kedokteran forensik resmi. Bahwa pihak sana menghadirkan ahli forensik tandingan itu adalah sah saja,” imbuhnya.

Wayan Mirna Salihin

Photo :
  • Facebook

“Dan yang banyak biacara di media bukanlah dokter yang melakukan pembedahan. Upaya apa pun yang dilakukan pengacara dalam sistem peradilan pidana itu adalah hak yg sah, tidak berarti pengacara bisa secara bebas mendelegitimasi kinerja para penegak hukum dari penyidik, JPU, hakim, hakim agung yang mengatakan tidak ada otopsi,” ujar Krishna Murti.

Lebih lanjut, Krishna Murti juga turut memuji Otto Hasibuan yang merupakan pengacara dari Jessica Wongso sebagai orang yang hebat. Ia memperingatkan kepada pengacara kondang tersebut agar bisa menjaga kredibilitasnya dalam menangani perkara. 

Pengacara Jessica Wongso, Otto Hasibuan

Photo :
  • YouTube Karni Ilyas Club

“Pengacara adalah orang hebat, orang pintar, namun kalau arena sistem peradilan pidana anda belum mampu sepenuhnya bisa menang sesuai harapan, jangan gunakan arena lain yg tujuannya untuk menjaga kredibilitas anda sbg pengacara,” ungkap polisi tersebut.

“Penyidik, JPU, hakim termasuk pengacara yg berperkara adalah tidak etis mengomentari hasil putusan peradilan. Makanya kami diam. tapi omongan anda di berbagai media banyak mengandung kebohongan yg menghasut pikiran publik,” pungkas Krishna Murti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya