Lonjakan Penumpang Saat Nataru, Bandara Soetta Antisipasi Penumpukan dan Kemacetan

EGM Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda sematkan pin ke petugas bandara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Tangerang – PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soekarno-Hatta melakukan antisipasi adanya lonjakan penumpang saat periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda mengatakan, pihaknya memperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi pada H-3 jelang perayaan Natal atau pada 23 Desember 2024.

"Kita prediksi lonjakan terjadi pada H-3 Natal dan untuk tahun baru pada H-2. Dimana, pergerakan penumpang tertinggi di angka 170 ribu dengan 1.050 sampai 1.090 pergerakan pesawat," katanya, Kamis, 14 Desember 2023.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Koordinasi AP II bersama stake holder soal pengamanan nataru di Bandara Soetta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Dengan kondisi itu, pihaknya melakukan penebalan pengamanan di sisi darat untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang dan kemacetan lalu lintas.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Lalu lintas sudah kita lakukan pola koordinasi dengan Polresta Bandara Soekarno-Hatta, di mana di jam-jam tertentu sudah kita sepakati beberapa pengalihan jalur lalu lintas," ujarnya.

Kemudian, terdapat penebalan di-curbside setiap terminal. Hal ini bertujuan mengurangi penurunan atau menaikkan penumpang terlalu lama di area curbside sehingga kemacetan bisa terurai.

"Kita juga melakukan penebalan di sisi check-in area karena kita ketahui check-in area saat ini sudah menjadi area publik di seluruh Terminal 1,2 dan 3, sehingga tetap perlu petugas untuk melakukan profiling dan menunjukkan rasa aman kepada pengguna jasa di Bandara," ujarnya.

Pada periode Natal dan tahun baru ini, sebanyak 4.000 petugas dikerahkan. Adapun destinasi favorit para penumpang mulai dari Denpasar, Medan, Makassar dan untuk internasional yakni Singapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya