Masa Tenang Pemilu 2024, CFD di Jakarta Ditiadakan

Jalur Car Free Day di Jalan Sudirman dekat Bundaran HI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, meniadakan penerapan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau yang lebih dikenal dengan car free day atau CFD, yang biasa digelar setiap hari minggu. Maka, karena memasuki masa tenang sebelum pencoblosan 14 Februari 2024, CFD ditiadakan pada Minggu 11 Februari.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan CFD yang ditiadakan di seluruh kawasan seluruh Jakarta yang memang biasa menerapkan CFD, termasuk di Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan MH Thamrin.

"HBKB se-DKI Jakarta yang ditiadakan," kata Syafrin saat dihubungi, Rabu, 7 Februari 2024.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Selain itu, kata dia, peniadaan CFD dilakukan karena waktu penyelenggaraan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 yang semakin dekat, yakni 14 Februari 2024. Kemudian, masa tenang Pemilu 2024 juga berlangsung sejak 11-13 Februari 2024.

Maka itu, Syafrin mengimbau kepada seluruh masyarakat Ibu Kota untuk beraktivitas di lapangan olahraga atau taman di lingkungan tempat tinggal masing-masing. 

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

"[HBKB ditiadakan] bersamaan dengan penetapan Masa Tenang Pemilu 2024 tanggal 11-13 Februari 2024. Kami menghimbau kepada warga untuk berolahraga di lapangan olahraga atau taman-taman yang ada di lingkungan masing-masing," ujar dia.

Informasi ini juga disampaikan Dishub DKI Jakarta melalui akun media sosial Instagram resminya yaitu @dishubdkijakarta pada Senin, 5 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya