Bangunan Sudah Keropos, Pos Pantau Pintu Air Palmerah Ambrol

Pos pantau Pintu Air Palmerah, Jakarta Barat, ambrol lantaran bangunan sudah keropos pada Senin 5 Februari 2024 sekitar pukul 14.30 WIB.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta - Akibat debit air yang meninggi dan curah hujan yang cukup deras, pos pantau pintu air Palmerah, Jakarta Barat ambrol lantaran bangunan sudah keropos pada Senin 5 Februari 2024 sekitar pukul 14.30 WIB.

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

Hingga kini terlihat puing pos pantau yang ambrol tersebut masih belum diangkat.

Beberapa petugas hingga kini masih mencari barang-barang yang sekiranya masih bisa dipakai.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Ilustrasi pintu air Katulampa, Bogor.

Photo :
  • Ayatullah Humaeni

Petugas Saringan Unit Pelayanan Sampah (UPS) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Agus M mengatakan, pihaknya dengan cepat melaporkan kasus tersebut ke pihak PLN untuk mematikan listrik.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Akibat debit air yang meninggi dan curah hujan yang cukup deras, Pos pantau Pintu Air Palmerah, Jakarta Barat, ambrol lantaran bangunan sudah keropos pada Senin 5 Februari 2024 sekitar pukul 14.30 WIB.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

"Kita gercep (gerak cepat), langsung (lapor) ke PLN, ke kantor," ujar Agus dalam keterangannya di Palmerah, Selasa 6 Februari 2024.

Agus mengatakan kondisi pos pantau pintu air Palmerah memang sudah mengkhawatirkan sejak awal bulan, sebelum akhirnya rubuh dan masuk ke sungai. 

"Dari awal bulan sih, di bawah situ sudah ada keroposan, retak-retak. Awalnya retak memang, pas beberapa hari yang awalnya sejajar itu jadi ambles," ujarnya.

Agus mengatakan curah hujan yang tinggi menyebabkan aliran kali menjadi deras dan membuat pos jaga tersebut akhirnya ambrol ke sungai.

"Nah, dengan datangnya curah hujan yang tinggi, itu lama-lama kan dia ngedorong, nabrak terus air, kan. Jebol akhirnya dia nih," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya