5 Polisi Bakal Disidang Etik Buntut Mobil Patroli Dibawa Kabur Penjambret

Ilustrasi Mobil Patroli Polisi
Sumber :
  • Instagram @polantasindonesia

Jakarta - Viral Kasus pelaku jambret berhasil membawa kabur mobil patroli milik polisi saat tertangkap. Pelaku membawa kabur mobil patroli saat tengah diamankan di kawasan Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Resmi Debut di Auto China 2024, Begini Spesifikasi Jaecoo J7 PHEV

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Rahmat Idnal mengatakan, dalam kasus ini ada lima anggota polisi di periksa Propam. 

"Ada 5 diperiksa Propam. Pawas yang dinas hari tersebut," ujar Ade Rahmat Idnal dalam keterangannya, Selasa 2 April 2024. 

Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Ilustrasi oknum polisi.

Photo :
  • Antara FOTO.

Ade mengatakan pemeriksaan dilakukan lantaran lima anggota polisi tersebut dinilai lalai saat melaksanakan tugas hingga mengakibatkan mobil patroli berhasil dibawa kabur jambret. 

Harley Davidson Kecelakaan di Probolinggo, Pasutri Tewas

Para anggota yang di periksa Propam juga akan menjalani sidang etik terlebih dahulu untuk menentukan sanksi.

"Penegakan disiplin karena lalai dalam melaksanakan tugas. Belum (sanksi), nanti ada sidang disiplin atau etika dulu," ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Setiabudi Kompol Firman mengatakan kejadian berawal saat anggota Polsek Setiabudi yang sedang berpatroli, tiba di lokasi setelah melihat adanya kerumunan warga di pinggir jalan. 

Firman mengatakan terduga pelaku jambret yang bawa kabur mobil patroli tersebut awalnya mengendarai motor dan diteriaki oleh pengendara. 

Selanjutnya pelaku kemudian diamankan oleh sekuriti setempat.

"Setelah diamankan, terus anggota patroli lewat. Kemudian nanya 'Ada apa ini rame-rame?'. Datanglah ke sekuriti tersebut, kemudian melaporkan ke pawas dan dua orang piket untuk membawa kendaraan terduga pelaku," ujarnya. 

Pelaku jambret saat itu tidak mengakui sehingga terjadi cekcok mulut dengan sekuriti. 

Polisi kemudian membawa pelaku masuk ke mobil patroli untuk diamankan dan polisi mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi.

Kasus Mobil Patroli Dibawa Kabur Pelaku Jambret, Lima Polisi Diperiksa Propam.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Pelaku yang saat itu sendirian di dalam mobil dan melihat kunci mobil masih tersangkut lubang kontak, langsung mengendarai mobil Polisi dan melarikan diri.

"Saat dimasukkan ke mobil, mobil memang dalam keadaan menyala. Sopir turun, yang di sebelahnya juga turun, artinya untuk mencari saksi-saksi terkait dengan dugaan penjambretan kan dugaannya penjambretan. Saat melakukan klarifikasi, jadi terduga ini kabur," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya