Ribuan PNS DKI Terjebak Tes Narkoba Ala Ahok

Ilustrasi ASN.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama berhasil menjebak ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI yang baru dilantik untuk menjalani tes narkotika.

Jebakan Ahok dibuat untuk mengetahui penggunaan narkoba di kalangan PNS DKI usai melantik 4.676 PNS di Lapangan Monas, Jumat 2 Januari 2015.

"Saya minta bapak dan ibu yang menduduki jabatan eselon 2 dan 3, kita siapin lagi tenda biar kita bisa kasih pengarahan khusus lagi lebih panjang di dalem, biar bapak dan ibu tidak kepanasan tambah terlalu item," kata Ahok.

Mendengar arahan dari Ahok, ribuan PNS DKI pun bergegas untuk berkumpul di tenda besar yang berdiri di belakang panggung tempat Ahok memberikan sambutan pelantikan.

Setelah para PNS itu memenuhi tenda besar berwarna merah itu, Ahok bukannya memberikan pengarahan lebih lanjut. Dia justru meminta para PNS itu dites urine untuk memastikan agar tubuh mereka bebas dari zat-zat terlarang dalam narkoba.

"Bapak dan ibu jangan ada yang kabur. Akan ada orang dari BNN (Badan Narkotika Nasional) yang akan mendampingi bapak dan ibu untuk dites narkoba. Mari kita bersihkan Pemprov DKI dari pemakai narkoba," ujar Ahok.

Mendengar perkataan tersebut, beberapa PNS tampak terkejut karena tidak menyangka akan mengikuti tes bebas narkoba. Namun mereka tidak beranjak, karena para petugas BNN segera membagi-bagikan formulir dan cup urine.

"Silakan bapak ibu isi formulirnya dan mengantre di toilet. Tim medis kami akan memeriksa kandungan zat narkoba di tubuh bapak dan ibu," ujar Kepala BNN Provinsi DKI Jakarta Ali Johardi memberikan instruksi kepada para PNS.

Apa daya, tak ada seorang pun PNS yang berhasil lolos dari jebakan itu. Mereka akhirnya pasrah mengikuti semua instruksi pelaksaan tes urine.

Seperti diketahui, Ahok melantik 4.676 PNS DKI untuk menempati kursi jabatan  eselon II, III, dan IV. Mereka yang dilantik merupakan hasil tes dan seleksi jabatan yang telah dilakukan sejak bulan September 2014. (ase)

Baca juga:

Puluhan Ribu Buruh Gelar Aksi May Day di Surabaya Besok, Ini Rutenya
Tim 7 Jokowi Bagi-bagi Susu Gratis Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran

Tim 7 Jokowi Bagi-bagi Susu Gratis Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran

Relawan Tim 7 Joko Widodo (Jokowi) merayakan kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029. Adapun,

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024