Tiga Faktor Maraknya Penjualan Gadis Modus Agen Artis

Ilustrasi kekerasan seksual.
Sumber :
  • VIVAnews/Joseph Angkasa
VIVA.co.id
3 Tersangka Perdagangan Manusia Dicokok di Hotel
- Kasus penjualan gadis bermodus agen artis yang menimpa seorang gadis di Bogor dipicu beberapa hal mendasar dalam kehidupan

Pemerintah Dituding Kongkalikong dalam Perdagangan Manusia

Menurut Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, hal mendasar itu di antaranya faktor pendidikan, faktor sosial dan faktor ekonomi.
Polisi Tangkap Tiga Pelaku Perdagangan Orang


"Korban begitu mudah dijebak sindikat penjualan manusia karena korban dan keluarganya telah terbelit persoalan keuangan, korban ingin membantu keluarga dengan pendidikan seadanya yang ia miliki," kata Ni'am kepada
VIVA.co.id
, Jumat 3 April 2015.


Akses pekerjaan yang sulit, menurut Asrorun juga menjadi faktor penyebabnya sehingga saat ada akses pekerjaan yang datang dan menawarkan gaji yang cukup tinggi membuat si korban tergiur.


"Akses pekerjaan yang sulit ini yang menjadi ruang para pelaku
human trafficking
untuk menjalankan aksinya dengan menawarkan pekerjaan yang bergaji cukup tinggi," kata dia.


Ni'am menambahkan, faktor sosial dan penegakan hukum yang lemah juga menjadi penyebab masih seringnya terjadi kejahatan penjualan gadis muda.


"Setelah kasus ini, KPAI mendorong penuntasan kasus ini bukan hanya kepada penangkapan orang yang merekrut, selama ini yang ditangkap selalu orang yang merekrut," ujarnya.


Petunjuk dari korban yang mengalami kejahatan penjualan manusia juga bisa menjadi pelebaran pengungkapan kasus ini.


"Korban melihat beberapa orang saat di dalam apartemen, jadi masih bisa berkembang kasus ini karena bisa saja orang yang dilihat korban adalah pelaku utama dan korban bisa menjadi saksi kunci," ujar Ni'am.


Ni'am yakin kasus ini bukan hanya dilakukan tiga orang tersangka yang sekarang ditangkap Polres Bogor tetapi banyak pihak yang terlibat dalam kasus itu.

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya