Ahok Batal Beri Uang ke Bocah Penderita Gizi Buruk

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id
VIVA.co.id
Ahok Tak Izinkan Bocah Penderita Gizi Buruk Pulang dari RS
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama batal memberi santunan kepada bocah RGM (9) yang dirawat di RSUD Koja, Jakarta Utara, karena menderita penyakit gizi buruk.

"Tadi saya sudah bawa uang, jujur aja. Begitu saya tanya dan lihat kondisi neneknya kayak gitu, saya langsung bilang sama ajudan, enggak usah dikasih," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di RSUD Koja, Selasa, 10 November 2015.

Gizi Buruk, Ahok: Lu Sehat, Cucu Lu Nggak Dikasih Makan?

Ahok menduga bocah RGM kerap dimanfaatkan oleh keluarganya. Sebab, setelah melihat kondisi nenek RGM segar bugar. Tidak mencerminkan pendapatan yang kecil.

"Kamu kalau lihat ada gizi buruk, lihat neneknya, sehat enggak? Kalau neneknya sehat banget, saya tanya sekarang, ada masalah enggak," ujar Ahok.

Ahok Suruh Lurah Paksa Penderita Gizi Buruk Masuk RS

Selain itu, saat ditanya tentang riwayat kesehatan, Ahok mengatakan keluarga mengaku bocah RGM tidak pernah menderita penyakit selain kondisinya saat ini. RGM terlahir sehat dengan berat badan 3,7 kilogram.

Ahok menduga bocah RGM pernah mengalami kondisi yang membuatnya menderita gizi buruk. Keluarga, kemudian membiarkannya berada dalam kondisi itu untuk bisa menarik belas kasihan dari pihak-pihak yang tidak tega melihat kondisi RGM.

"Saya langsung tebak tadi, dan neneknya bilang iya, dia sering terima bantuan," ujar Ahok.

Maka dari itu, Ahok meminta Dinas Kesehatan DKI menelusuri dugaan ini. Meski demikian, Ahok memastikan bocah RGM akan terus dirawat hingga kondisinya sehat sehingga keluarga tidak akan memanfaatkannya lagi untuk menarik belas kasihan.

"Saya curiganya seperti itu, makanya harus kita selidiki. Kalau anaknya, kita tangani terus," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya