Syarat Terlalu Berat, Metromini Sulit Gabung TransJakarta

Metromini sedang menungu penumpang.
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVA.co.id – PT Transportasi Jakarta berniat mengajak pengusaha Metromini bergabung guna membantu pengelolaan transportasi umum di Jakarta. Namun Organisasi Angkatan Darat (Organda) tempat Metromini bernaung menilai, ajakan tersebut akan sulit diwujudkan dalam waktu dekat ini.

Layanan TransJakarta Bogor-Jakarta Masih Terkendala Dana
Menurut Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan, syarat yang diberikan oleh PT TransJakarta dianggap terlalu berat. Salah satunya  adalah keharusan lolos dalam lelang yang dilakukan Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP).
 
"Untuk bisa bergabung dan terintegrasi dengan TransJakarta, persyaratannya sangat berat untuk dipenuhi oleh pemlik Metromini, jadi sulit dalam waktu dekat bisa dipenuhi," kata Shafruhan kepada wartawan, Selasa, 26 April 2016.
Awal Mei, 51 Bus Gandeng Mewah Mengaspal di Ibu Kota

Selain itu, jika nantinya lolos lelang, akan ada jaminan biaya operasional selama tiga bulan untuk total kendaraan yang disetujui. Syarat ini tidak sangat memberatkan bagi pengusaha Metromini. Terkait syarat-syarat itu, Organda mengaku tidak bisa berbuat banyak, karena persyaratan itu sudah menjadi ketentuan. 

"Organda hanya mengusulkan kepada Pemprov agar bisa memperlunak persyaratan untuk operator-operator, khususnya untuk wadah-wadah koperasi supaya bisa tergabung dengan TransJakarta," ujarnya.
TransJakarta Beri Wadah Pengusaha Metromini
 
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Selasa, 14 Juni 2016.

Ahok Ingin Ubah Konsep Operasional Bus TransJakarta

Operasional sesuai rute adalah konsep yang lebih tepat.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016