Auditor BPK Beli Jeep Rubicon dari Honor Perjalanan Dinas

New Jeep Wrangler Rubicon (Ilustrasi)
Sumber :
  • Trucktrend.com

VIVA – Kepala Sub Auditorat III Auditorat Keuangan Negara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Sadli mengklaim memiliki sejumlah mobil mewah. Salah satunya yakni mobil Jeep Wrangler Rubicon tahun 2014 seharga Rp416 juta.

DPR Ungkap Kriteria Calon Auditor BPK

Hal itu dikatakan Ali Sadli saat memberikan keterangan sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat, 2 Februari 2018.

Meski begitu, yang menarik, Ali mengaku dapat membeli Jeep Rubicon tersebut hanya dengan menggunakan honor perjalanan dinas.

Gagahnya Wrangler Rubicon Baru, Pakai Teknologi Canggih

"Oh itu cicilan. Semua dari perjalanan dinas saya Pak, 416 juta rupiah total dari uang perjalanan dinas," kata Ali kepada jaksa KPK?.

Menurut Ali, total pendapatannya dari gaji pokok dalam periode 2010-2017 mencapai Rp2,2 miliar. Sedangkan pendapatan yang berasal dari honor perjalanan dinas sekitar Rp400 juta.

Capim BPK Tak Punya CPA, Kepercayaan dan Legitimasi Bisa Turun

Ali Sadli diduga menyamarkan uang yang diperoleh dari gratifikasi. Uang senilai lebih dari Rp10 miliar diubah bentuk menjadi berbagai aset.

Hal itu terungkap dalam surat dakwaan jaksa KPK yang dibacakan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 10 November 2017.

Beberapa aset yang digunakan untuk menyamarkan berupa kendaraan mewah. Menurut jaksa, pembelian aset tersebut diduga sebagai upaya untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul harta kekayaan.

Tujuannya supaya harta kekayaan yang berasal dari gratifikasi, seolah-olah bukan dari suatu kejahatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya