Dosen Hayati Tak Cukup Lapor Ombudsman, Tapi Komnas HAM Juga

Hayati Syafri, dosen pada IAIN Kota Bukittinggi di Sumatra Barat, diwisuda sebagai doktor oleh kampusnya pada Jumat, 16 Maret 2018.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Hayati Syafri, dosen IAIN Bukittinggi yang dinonaktifkan gara-gara mengenakan cadar, tak cukup melaporkan yang dialaminya kepada lembaga Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Barat. Dia juga mengadukannya kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM.

BCL Pakai Cadar saat Umrah, Netizen: Nyampe Indo Jangan Kebuka Lagi Mbak

Pelaporan itu disampaikan langsung sang suami, Zulferi, di kantor Komnas HAM perwakilan Sumatra Barat di Kota Padang pada Rabu siang, 21 Maret 2018.

Hayati mengatakan, sebelum mendatangi kantor Komnas HAM, dia maupun suaminya sudah berkonsultasi dengan beberapa tokoh yang dianggap dapat dipercaya dan dapat memberikan pencerahan.

Putuskan Pakai Cadar Umi Pipik Ditimpa Banyak Ujian, Pekerjaan Berkurang Hingga Alami Hal Ini

Mereka akhirnya memutuskan untuk melapor hari ini. Selain untuk memperjuangkan hak atas pemakaian cadar dan membuktikan kebenaran, juga sebagai upaya mengingatkan pimpinan IAIN Bukittinggi agar membuat keputusan yang adil dan tepat. 

Pengaduan itu sekaligus upaya Hayati dan suaminya untuk meredam gejolak massa gara-gara polemik pelarangan penggunaan cadar itu. Ditambah lagi ultimatum Front Pembela Islam dan sejumlah ormas yang akan berdemonstrasi jika otoritas kampus tak menganulir larangan itu.

Cerita Umi Pipik Kepalanya Terinjak-injak Saat Sujud di Tanah Suci, Nyaris Meninggal

"Dengan saya melaporkan persoalan ke Komnas HAM hari ini, diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi unsur pimpinan kampus agar bisa meredam aksi massa ke depan. Saya tidak ingin ada demo," kata Hayati ketika dihubungi VIVA pada Rabu, 21 Maret 2018.

Hayati juga ingin memberikan pembelajaran kepada para civitas academica IAIN Bukittinggi yang mungkin juga pernah dizalimi untuk berani mengambil sikap serupa. Baginya, kebenaran tetaplah kebenaran; semua akan terungkap dalam proses hukum kelak. (ren)

Tangkapan layar video viral Pria pakai cadar menyusup ke jemaah perempuan.

Viral Guru SD Pakai Cadar Ditangkap Karena Menyusup ke Jemaah Perempuan di Masjid Makassar

Viral seorang pria di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) ditangkap lantaran masuk atau bergabung ke jemaah perempuan dengan modus menggunakan cadar. Orang bercadar

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024