Marcella Zalianty Temui Wagub Aceh demi Film Malahayati

Marcella Zalianty (kiri) saat bertemu dengan Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah untuk membicarakan rencana penggarapan film tentang Laksamana Malahayati di Banda Aceh pada Sabtu, 5 Mei 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Marcella Zalianty menemui Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah untuk penggarapan film tentang Laksamana Malahayati, pahlawan nasional asal Tanah Rencong.

Curi Ikan di Perairan Aceh, Kapal Berbendera India Ditangkap

Marcella dijadwalkan pula bersilaturahmi dan menggelar focus group discussion atau FGD demi menggali informasi dan data untuk film itu. Sejumlah sejarawan Aceh dijadwalkan berbicara dalam forum itu, di antaranya Rusdi Sufi, ketua Majelis Pendidikan Daerah Aceh, dan ketua Majelis Adat Aceh.

“Indonesia selalu diidentikkan dengan kekuatan maritimnya. Jadi, penggarapan film ini diharapkan dapat menunjukkan potret kekuatan maritim kita sejak dahulu. Kami optimis, sosok Keumalahayati, sebagai seorang laksamana perempuan pertama dunia akan sangat menginspirasi,” kata Marcella saat bertemu Wakil Gubernur di Banda Aceh pada Sabtu, 5 Mei 2018.

Eks Kepala BPSDM Aceh Jadi Tersangka Korupsi Beasiswa

Film Laksamana Malahayati akan menjadi film perang laut pertama di Tanah Air. Ini karena Keumalahayati atau Malahayati dinilai sebagai seorang laksamana perempuan pertama di era modern.

“Film ini dibuat untuk mengangkat spirit dari seorang Keumalahayati. Selain itu, film ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat dan dunia internasional bahwa dunia maritim adalah identitas Indonesia,” ujar selebriti anak Tetty Liz Indriati itu.

Ditawari Makan, Pemuda di Aceh Malah Bacok Ibu Kandung hingga Tewas

Pemerintah Aceh mengapresiasi rencana penggarapan film Laksamana Malahayati. Sebagai tokoh pejuang perempuan yang sangat tangguh, sinema itu diharapkan dapat menginspirasi para pecinta film di Tanah Air.

Wakil Gubernur Nova Iriansyah menyambut baik rencana film itu dari sisi komersial, sejarah, dan senematografi. Pemerintah Aceh sangat mendukung berbagai kegiatan yang bertujuan menggali sejarah Malahayati, sehingga menghasilkan film yang baik dan berkualitas serta memiliki nilai edukasi.

"Kita berharap agar film Laksamana Malahayati mampu menginspirasi seluruh generasi muda Indonesia,” kata Nova.

Penggarapan film Laksamana Malahayati digagas oleh jenderal (purn) Gatot Nurmantyo saat masih menjabat sebagai Panglima TNI. Marcella bertindak sebagai produser dalam proyek itu.

Flim itu digagas menyusul keputusan pemerintah yang menetapkan Laksamana Malahayati sebagai Pahlawan Nasional dalam peringatan Hari Pahlawan pada tahun 2017. Presiden Joko Widodo bahkan langsung menyerahkan gelar pahlawan nasional untuk Malahayati kepada ahli warisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya