Pencipta Lagu Kasidah Legendaris 'Perdamaian' Wafat

Pencipta lagu Perdamaian, Achmad Bukhori Masruri.
Sumber :
  • Dokumentasi Nasida Ria

VIVA – Pencipta lagu-lagu grup musik kasidah legendaris Nasida Ria, Achmad Bukhori Masruri, meninggal dunia pada Kamis, 17 Mei 2018. Pengarang lagu Perdamaian dengan nama panggung Abu Ali Haidar itu meninggal dunia di usia 70 tahun akibat sakit jantung.

Nasida Ria Kolab Bareng JKT48 Bertemakan Ramadhan

Meninggalnya Acmad Bukhori dibenarkan oleh sang anak, Muhammad Agus Salim. Dia menyebutkan bahwa ayahandanya meninggal pukul delapan pagi akibat sakit jantung.

"Sering masuk rumah sakit dan sempat operasi jantung. Pas sakit jantung enggak mau dipasangi ring. Kemudian beliau stroke hingga akhirnya meninggal dunia," kata Agus saat dikonfirmasi wartawan.

Nasida Ria Merinding Saat Tampil di Synchronize Fest, Kenapa?

Berita duka itu telah diketahui para personel Nasida Ria dari generasi pertama sampai kelima. Mereka bahkan melayat di rumah duka di perumahan Bumi Wanamukti, Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Semarang.

Jenazahnya dimakamkan hari ini pukul 13.30 WIB di tempat pemakaman umum Giriloyo, tak jauh dari rumah duka. Bukhori meninggalkan lima putra, tiga putri, dan 12 cucu. Sebelum wafat, dia sempat berpesan kepada anak-anaknya untuk senantiasa menjaga kerukunan dan toleransi antarwarga agar kehidupan semakin lebih baik.

Personel Nasida Ria, Nadhiroh Meninggal Dunia

"Mewakili segenap keluarga, saya memohon maaf sebesar-besarnya jika Almarhum punya salah semasa hidupnya," ujarnya.

Selain sebagai pencipta lagu, Bukhori juga adalah seorang penceramah asli kota Semarang. Dia juga mantan pengurus Nahdlatul Ulama Jawa Tengah.

Lagu-lagu beken karya Bukhori yang dipopulerkan grup kasidah Nasida Ria, antara lain Dunia Dalam Berita, Damailah Palestina, Tahun 2000, Merdeka Membangun, Mesjid Tua, Wartawan Ratu Dunia, Lingkungan Hidup, dan masih banyak lagi. Namun yang paling tersohor memanglah lagu Perdamaian.

Lagu Perdamaian menjadi sangat hits di era tahun 1980-an. Selain sering tayang di televisi, lagu itu juga populer diperdengarkan di acara resmi instansi pemerintahan maupun hajatan di seluruh pelosok Tanah Air. Lagu itu kian populer saat dirilis ulang menjadi single oleh band pop-rock Gigi dengan judul yang sama. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya