Kemenhub Prediksi Pemudik Motor 2018 Capai 8,3 Juta Jiwa

Ratusan pemudik bersepeda motor.
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVA – Pemudik yang akan menggunakan sepeda motor pada musim mudik Lebaran 2018 diperkirakan mencapai 8,3 juta orang. Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hindro Surahmat menyampaikan prediksi itu diperoleh dari perhitungan tren yang cenderung selalu meningkat setiap tahun.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Prediksi pemudik gunakan sepeda motor tahun ini adalah 8,3 juta orang," ujar Hindra di Kemenhub, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.

Hindro menyampaikan, Kemenhub senantiasa berusaha mengurangi jumlah itu dengan pertimbangan mudik menggunakan sepeda motor memiliki potensi tinggi kecelakaan. Program mudik gratis selalu ditawarkan di mana mereka mudik menggunakan bus, dan sepeda motornya diangkut moda lain.

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

"Sepeda motornya diangkut kereta api, kapal laut, truk, orangnya naik bus," ujar Hindro.

Menurut Hindro, ada 21.048 sepeda motor yang diangkut pada tahun lalu. Tahun ini, jumlahnya meningkat 92 persen menjadi sebanyak 40.446 unit. Hindro mengakui jumlah itu belum terbilang signifikan jika dibanding jumlah total pemudik sepeda motor yang melebihi delapan juta jiwa.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Meski demikian, masyarakat tetap diharapkan mulai mempertimbangkan moda transportasi lain selain motor untuk mudik.

"Itu sebagai suatu bentuk trigger kepada masyarakat, bahwa lebih baik gunakan kendaraan umum, seperti bus yang sekarang sudah nyaman," ujar Hindro.

Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

KM ini menetapkan 17 bandar udara di Indonesia yang berstatus sebagai bandara internasional, dari semula 34 bandara internasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024