DPMPTSP Kota Semarang Raih Investment Award 2018

Kepala DPM PTSP Semarang Ulfi Imran Basuki dalam acara Investment Award 2018
Sumber :

VIVA – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang terpilih menjadi yang terbaik dalam ajang penghargaan Investment Award 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Kamis 12 Juli 2018.

Deretan Fakta Ratusan Motor Gratis dari Wali Kota Semarang buat Lurah

Penganugerahan penghargaan ini diberikan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi didampingi Kepala BKPM RI Thomas Trikasih Lembong, kepada Kepala DPMPTSP Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki bertempat di Kantor BKPM RI, Jakarta.

Menurutnya Thomas Trikasih Lembong, proses penilaian award ini sendiri dilakukan melalui beberapa tahapan. Yaitu seleksi, kemudian survei ke 565 PTSP (34 Provinsi, 416 Kabupaten, 98 Kota, 12 Kawasan Ekonomi Khusus/KEK, 5 Kawasan Perdagangan Bebas, dan Pelabuhan Bebas/KPBPB) yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan hasil penilaian mandiri (Self-Assessment). Kemudian BKPM memilih 40 kandidat (nominee) PTSP yang memiliki skor penilaian mandiri tertinggi.

Pemkot Semarang Bakal Ubah Taman Tegalsari Jadi Taman Pasif untuk Percantik Kota

Selanjutnya dilakukan uji pemaparan untuk memilih 15 nominasi dengan skor teratas (5 Provinsi, 5 Kabupaten, dan 5 Kota/KEK/KPBPB). Setelah itu dilakukan Uji Petik ke-15 PTSP untuk melihat fakta keberadaan PTSP dan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan di lapangan untuk dinilai. Hasil peringkat uji petik terbaik dipilih sebagai pemenang Investment Award.

“BKPM mengucapkan selamat bekerja kepada 40 PTSP daerah terbaik, dan semoga penghargaan ini bisa mendorong peningkatan pelayanan perizinan penanaman modal dan percepatan pelaksanaan kemudahan berusaha di daerah, serta memotivasi PTSP lainnya di seluruh Indonesia untuk memperbaiki layanan perizinan dan non perizinan daerah yang semuanya akan bermuara pada satu tujuan untuk peningkatan ekonomi daerah, membuka lowongan pekerjaan dan meningkatkan daya saing,” ujar Lembong usai penyerahan penghargaan Investment Award 2018.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Kota Semarang dalam hal ini DPMPTSP dinilai layak menjadi yang terbaik mengingat di bawah kepemimpinan Walikota Hendrar Prihadi yang berkomitmen terhadap peningkatan pelayanan publik, telah banyak dilakukan inovasi di bidang reformasi birokrasi dan pelayanan perizinan. Salah satunya adalah melalui penerapan pengurusan perizinan online dengan Aplikasi SIIMUT (Sistem Izin Investasi Mudah dan Terpadu).

“Alhamdullilah setelah sebelumnya di tahun 2012, 2014, 2016 kini Kota Semarang kembali berhasil meraih predikat PTSP kategori Kota terbaik se-Indonesia,” ujar Ulfi Imran Basuki usai menerima penghargaan.

Di tempat terpisah, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan bahwa penghargaan ini diharapkan mampu menjadi pemacu semangat dan motivasi seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kota Semarang untuk terus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya