Sambut Cucu Kedua Jokowi, Pedagang dan Buruh Pasar Legi Gelar Bancakan

Pedagang dan buruh Pasar Legi Solo, bancakan sambut cucu kedua Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Sejumlah pedagang dan ibu-ibu buruh gendong di Pasar Legi, Solo menggelar acara syukuran atas kelahiran cucu kedua Presiden Joko Widodo. Acara bancakan itu ditandai dengan pembagian nasi tumpeng kepada para pengunjung pasar.

Prabowo-Gibran Sapu Bersih Suara di TPS Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Nyoblos

Kegiatan bancakan atau syukuran selamatan tersebut digelar di pintu utara Pasar Legi, Solo, Rabu, 1 Agustus 2018. Para pedagang dan ibu-ibu buruh gendong berkumpul mengelilingi nasi tumpeng sederhana itu.

Selain itu, sebuah papan bertuliskan 'mangayubagyo cucu kedua Presiden Jokowi, 1-8-2018' dipasang di belakang nasi tumpeng. Nasi tumpeng yang dihidangkan itu terdiri atas nasi, urap, sayuran, buah dan lainnya. Setelah didoakan, kemudian bancakan nasi tumpeng itu pun dibagikan kepada para peserta yang ikut hadir. 

Nyoblos Ditemani Kahiyang Ayu, Bobby Nasution: Semoga Pemilu Berjalan Lancar

Tak pelak, para pedagang, buruh gendong dan masyarakat langsung berebut nasi tumpeng yang selanjutnya diwadahkan ke dalam pincuk. Hanya sekejap, bancakan nasi tumpeng itu langsung ludes. Mereka lalu bersama-sama menikmati makan nasi tumpeng tersebut di pasar.

Lurah Pasar Legi, Marsono mengatakan, kegiatan bancakan tersebut digelar secara spontan untuk ikut memperingati kelahiran putri pertama, pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Bancakan itu dilakukan dengan menyiapkan tumpeng nasi gudangan sebagai bentuk syukur atas kelahiran cucu kedua Presiden Jokowi.

TERPOPULER: Respons Maia Estianty Bertemu Laura Moane dan Potret Anggun Kahiyang Ayu Berhijab

"Membuat bancakan nasi gudangan itu merupakan tradisi orang Jawa, karena kalau ada kelahiran bayi biasanya dilakukan selamatan dengan nasi gudangan," kata Marsono di Solo, Rabu, 1 Agustus 2018.

Dengan adanya acara bancakan tersebut, pedagang dan buruh gendongan pun antusias untuk menggelar acara tersebut. Mereka pun berharap cucu kedua Presiden Jokowi diberi kesehatan.

"Kami ikut bersyukur karena proses kelahiran cucu Pak Jokowi berjalan dengan lancar. Semoga bayinya sehat," ujarnya menambahkan.

Salah satu buruh gendong, Kathi mengaku senang bisa ikut acara bancakan atas kelahiran cucu Presiden Jokowi. Ia pun berharap, sang cucu tersebut bisa tumbuh sehat dan berbakti kepada orangtua, bangsa dan negara. "Saya senang sekali bisa dapat nasi bancakan ini," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya