Sudah Operasi Kelamin Jadi Wanita, Yoyok Diputus Tetap Lelaki

Sidang permohonan perubahan identitas kelamin di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 27 November 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Seorang pria Yoyok Prasetyo mengajukan permohonan perubahan identitas kelamin dari laki-laki ke wanita ke Pengadilan Negeri Surabaya. Kendati sudah operasi kelamin, hakim tetap memutuskan identitas laki-laki asal Tuban, Jawa Timur, itu berjenis kelamin laki-laki.

Presiden AS Joe Biden Dikritik Gegara Umumkan Hari Transgender Bersamaan dengan Hari Paskah

Yoyok mulanya mengajukan pengubahan identitas dari laki-laki ke wanita pada 13 November 2018. Permohonan terdaftar dengan nomor PN Surabaya Nomor 1360/Pdt.P/2018/PN Sby. Namun di tengah perjalanan, dia mencabut permohonannya.

Nah, hakim tunggal Dede Suryaman mengabulkan pencabutan permohonannya. "Mengabulkan permohonan pemohon untuk dicabut," kata hakim Dede dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya pada Selasa, 27 November 2018.

Kerusuhan Antara Transgender Thailand dan Filipina di Bangkok, Polisi Ambil Tindakan Tegas

Permohonan ganti identitas kelamin itu tidak hanya sekali di diterima Pengadilan Negeri Surabaya. Juru bicara Pengadilan Surabaya, Sigit Sutriono, mengatakan bahwa tahun 2016 ada pemohon bernama Angelina Karuniata Kanan mengajukan permohonan ganti identitas kelamin dari wanita ke laki-laki.

Angelina hendak mengganti namanya menjadi Andreas Alessandro Kaban. Pengadilan Negeri Surabaya mengabulkan permohonan itu, setelah melalui banyak pertimbangan dari beragam sudut pandang.

Kelompok LGBTQ Gugat Jaksa Agung Texas, Ada Apa?
Parida Kerayuphan (kanan) dan Kantong Passarapon

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Transgender Thailand Parida Kerayuphan dan Kantong Passarapon meminta pembebasan tugas dinas wajib militer.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024