Logo ABC

Menjaring Hoax Lewat Konten Kekinian Ala Akun Gosip

hoax
hoax
Sumber :
  • abc

Kepopuleran akun gosip Lambe Turah, akun media sosial (medsos) yang mengunggah berbagai informasi tentang pesohor, menginspirasi Pemerintah Indonesia untuk membuat konten kekinian dengan kemiripan nama.

Konten bernama Lambe Hoaks ini menyasar pengguna aktif internet dan ditujukan untuk menangkal hoaks atau berita bohong.

External Link: Postingan pertama Lambe Hoaks External Link: Postingan Mafindo

Pada tanggal 24 Januari 2019, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) meluncurkan konten video yang dibuat untuk menangkal sebaran hoaks atau berita bohong yang banyak beredar di internet.

Konten yang diberi nama Lambe Hoaks, meniru nama akun gosip terkenal, ini tak hanya menarget generasi milenial, kelompok yang dianggap paling sering mengakses dunia maya.

"Kami ini sudah banyak membuat kampanye literasi digital seperti Siber Kreasi, namun ada isu di mana penyajiannya untuk Kemenkominfo itu cenderung kaku, standar, konvensional model-model yang tidak menarik," ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu, kepada ABC (24/1/2019) via telepon.

Ia lantas menyambung, "Makanya ada pandangan yang bilang "bagaimana kalau dikemas secara lebih atraktif dan menarik?" yang gayanya meniru model-model milenial."