Menhub Budi Minta Kepala Baru Basarnas Petakan Daerah Potensi Bencana

Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito (kiri) jadi Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) menggantikan Muhammad Syaugi (kanan).
Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito (kiri) jadi Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) menggantikan Muhammad Syaugi (kanan).
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Perhubungan.

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melantik Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) menggantikan Muhammad Syaugi. Pelantikan dilaksanakan di ruang Mataram, Kantor Pusat Kementerian Perhubungan pada Rabu 30 januari 2019. 

Budi pun berpesan agar Kepala BNPP segera melakukan koordinasi serta sinergi pihak-pihak terkait agar nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. 

“Saya minta Kepala BNPP yang baru untuk segera berkoordinasi dalam melaksanakan tugas," ujar Budi dikutip dari keterangan resminya, Kamis 31 Januari 2019. 

Lebih lanjut menurutnya, Bagus perlu melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah yang memiliki potensi kejadian (rawan bencana) mengingat saat ini sedang dalam masa cuaca buruk. 

Sehingga peta daerah rawan bencana itu dapat menjadi perhatian pemerintah untuk mengantisipasi kejadian di wilayah yang rawan kejadian.

"Mengingat saat ini masih dalam curah hujan tinggi, sehingga harus diantisipasi potensi terjadi bencana alam,”ungkapnya. 

Selanjutnya, Budi juga meminta kepada pejabat yang baru untuk menambah utilitas pada sarana dan prasana terkait kegiatan search and rescue. (ren)