BPN Sebut Pemanfaatan Utang di Era Jokowi Tidak Efisien

Ramson Siagian
Sumber :

VIVA – Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ramson Siagian angkat bicara soal klaim pemerintah yang menyebut mayoritas utang era Joko Widodo (Jokowi) digunakan untuk membangun infrastruktur.

Pembelian Alutsista Dikritik, Jubir Garuda: Dianggap Tak Normal Demi Kebutuhan Kampanye

Menurut Ramson, klaim bahwa utang pemerintah digunakan untuk mendanai proyek infrastruktur tidak sepenuhnya benar. Sebab, ada sejumlah proyek pembangunan yang hingga kini belum rampung pengerjaannya.

"Proyek pembangkit listrik 35.000 mega watt  misalnya, ini direncanakan sejak 2014 sampai sekarang hanya 3 persen yang on (beroperasi), yang sudah mendistribusikan listrik 3-5 persen, jadi 95 persen belum on, kemungkinan baru selesai di tahun 2026," kata Ramson dalam keterangan tertulis Prabowo-Sandi Media Center, Kamis 31 Januari 2019.

Beri Peringatan soal Utang Negara Berkembang, Bank Dunia: Banyak yang Menuju Krisis

Menurut Ramson, proyek 35.000 mega watt yang digembar-gemborkan realitasnya tidak benar. "Selama ini seakan proyek ini yang menimbulkan utang, padahal ini belum selesai. Itu sebabnya investor mulai mengeluh," ujarnya menambahkan.

Hal senada juga diutarakan oleh Analis Ekonomi Politik, Kusfiardi. Dia mengatakan, utang pemerintah era Jokowi tidak digunakan untuk hal-hal yang produktif. Hal itu terlihat dari strategi pemerintah yang seolah gali lubang utang baru untuk menutup lubang cicilan pokok dan bunga utang lama.

Skema Belt and Road Initiative Diklaim 'Jebakan Utang' China, 5 Negara Ini Korbannya

"Hari ini kita sudah tahu bahwa untuk membayar bunga pemerintah harus buat utang baru. Strategi ini menunjukkan utang tidak dikelola dengan baik. Harusnya setiap item pembangunan yang dibiayai utang bisa menggenjot pemasukan negara agar pemerintah bisa membayar utang dan mengeskalasi pembangunan selanjutnya," kata Kusfiardi. (mus)

Ilustrasi utang.

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Tidak semua negara di dunia ini mengandalkan utang dalam proses pembangunan dan pengelolaan pemerintahannya. Ada lima negara yang memiliki tingkat utang paling rendah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024