5 Negara Tidak Miliki Utang ke Negara Lain, Nomor 5 Dekat Indonesia

Ilustrasi utang.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Beberapa negara di dunia ternyata ada yang memiliki utang yang sangat minim dan bahkan ada juga yang bebas dari lilitan utang sama sekali. Berikut deretan negara yang tidak memiliki utang yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber:

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

1. Macau

Macau.

Photo :
  • Freepik/lifeforstock
Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara

Negara kecil tetangga Hong Kong ini disebut sebagai salah satu negara yang tak memiliki utang. Menurut Economist Intelligence Unit (EIU), Macau dipercaya menghasilkan USD40 miliar per tahun di 2013. Jumlah itu naik 19% dari tahun sebelumnya.

Macau diketahui dapat menghasilkan Rp574,8 Triliun per tahun. Menurut data IMF, dalam 15 tahun terakhir, jumlah utang pemerintah Makau adalah 0 persen.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

2. Liechtenstein

Liechtenstein adalah negara terkecil keempat di Eropa, setelah Kota Vatikan, Monako, dan San Marino. Liechtenstein juga tidak memiliki bandara dan tidak memiliki garis pantai. Bandara terdekatnya bahkan ada di Zurich, atau sekitar satu setengah jam berkendara dari ibu kota.

Negara Liechtenstein memiliki ekonomi yang makmur, dengan industri besar termasuk elektronik, manufaktur logam, produk gigi, instrumen optik, dan farmasi.

Liechtenstein bebas dari utang publik dengan rasio utang per Produk Domestik Bruto (PDB) 0,5 persen. Sementara belanja publik hanya 20,9 persen dari PDB nasional.

Liechtenstein memiliki PDB per kapita 165.028 dolar AS, tertinggi kedua di dunia, hanya dilampaui oleh Monako. Dan hampir tidak ada utang nasional.

Selain tidak punya utang, masyarakat Liechtenstein juga hidup sejahtera. Rata-rata pendapatan warganya tercatat Rp1,3 Miliar per tahun.

3. British Virgin Island

Republik Kiribati, negara kepulauan di samudera Pasifik.

Photo :
  • wikipedia.org

Negara tanpa utang lainnya adalah British Virgin Island. Virgin Island adalah negara non-Inggris dengan sistem pemerintahan independen.

Selain tidak punya utang, British Virgin Island adalah negara bebas pajak. Negara ini juga adalah terkaya di Kepulauan Karibia. Salah satu hal menarik dari British Virgin Island adalah jika ingin ke negara ini tidak diperlukan visa.

4. Niue

Kerja sama diplomatik dengan Kepulauan Cook dan Niue.

Photo :
  • Dokumentasi Kementerian Luar Negeri.

Pasti banyak yang tidak kenal dengan negara yang satu ini. Niue adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik Selatan dengan populasi kurang dari 2.000 orang. Pemerintahan di negara ini berdiri sendiri.

Niue juga memiliki hubungan bebas dengan Selandia Baru. Negara itu menyediakan Rp201,2 miliar dalam bentuk bantuan dan menangani urusan luar negeri serta pertahanan.

Perdana Menteri Toke Talagi mengatakan bahwa Niue telah berhasil melunasi hingga 4 juta dolar AS dan tidak tertarik untuk membuat pinjaman lagi. Meski pernah berhutang Rp57,5 Miliar, namun negara itu berkomitmen untuk tidak berhutang lagi.

5. Palau

Negara Palau

Photo :
  • Pixabay

Palau adalah wilayah kepulauan dengan 300 pulau yang juga tercatat tak memiliki utang luar negeri. Memiliki populasi kurang lebih 21 ribu orang, Palau adalah negara dengan etnis yang beragam. Hidup warganya juga makmur dan sejahtera. Penduduknya beragam, yaitu 70% warga asli Pulau, 15% orang Filipina, 5% orang China, 2% kulit putih dan 8% Asia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya