Logo timesindonesia

Tak Ada Biaya, Bocah Penderita Gagal Ginjal Butuh Bantuan

Khadijah (4) penderita penyakit gagal ginjal ditemani orang tuanya.(FOTO:akhmad syafii/TIMES Indonesia)
Khadijah (4) penderita penyakit gagal ginjal ditemani orang tuanya.(FOTO:akhmad syafii/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Khadijah, bocah berumur 4 tahun, penderita penyakit gagal ginjal, tidak terurus karena kendala biaya untuk berobat. Bocah itu adalah putri dari kedua pasangan Marzuki dan Bunayyah, warga Dusun Sorok, Desa Campor, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Marzuki, selaku orang tua Khadijah mengaku, bahwa penyakit gagal ginjal yang diderita Khadijah, sudah semenjak satu bulan yang lalu. "Kehidupan yang serba kekurangan, saya tidak bisa membayar iuran BPJS Mandiri. Serta BPJS mati sejak tahun 2014," akunya, saat ditemui TIMES Indonesia.

Selain itu, ia mengatakan kalau anaknya sakit sekitar satu bulan lalu. Ia pernah bawa anaknya berobat ke dokter spesialis. Itu pun harus pinjam uang ke tetangga.

"Hasil pemeriksaan, sama dokter disarankan ke rumah sakit umum. Tapi kartu BPJS tidak bisa dipakai lagi karena mati. Saya harus melunasi dulu tunggakan mulai tahun 2014," sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kalau anaknya sehat biasanya selalu atktif ikut kegiatan di pondok Panyepen, Desa Palengaan.

"Anak saya hari ini tidak bisa ikut lomba. Padahal kalau tidak sakit, biasanya anak saya selalu aktif ikut lomba cerdas cermat," tuturnya.

Cerita Marzuki, kondisi anaknya saat ini sudah semakin parah. Seluruh badannya membengkak. Apalagi matanya saking bengkaknya hingga tidak bisa dibuka, suhu badan sangat tinggi.

"Setiap hari anak saya hanya bisa menangis. Saya bingung gimana caranya saya bisa membawa anak saya ke rumah sakit umum, agar bisa segera ditangani, dan anak saya bisa sembuh seperti sedia kala," keluh Marzuki yang setiap harinya bekerja serabutan.

Sementara itu, Hasin,  Plt Kasun setempat, dirinya sudah berupaya membantu keluarga Marzuki semampunya. Mulai dari ngurus surat-surat yang diperlukan, dan mengantar ke dokter. Ia berharap kartu BPJS-nya segera bisa dilunasi dan aktif lagi, sehingga bisa dipakai berobat.

"Semoga saja ada jalan agar khadijah bisa segera dibawa ke rumah sakit umum, dan bisa mendapatkan perawatan sehingga bisa kembali sembuh dari penyakit gagal ginjal yang dideritanya," harapnya. (*)