Anggota DPR Ini Ingin Ibu Kota Baru RI Tak Seperti Jakarta

Monumen Nasional, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA Foto/Galih Pradipta

VIVA – Anggota Komisi II DPR, Achmad Baidowi menanggapi keputusan Joko Widodo yang akan memindahkan ibu kota ke luar Jawa. Ia menegaskan, keputusan itu harus dibarengi kajian mendalam.

2024 Indonesia Ganti Ibu Kota dan 5 Negara Ini Alami Hal Serupa

"Keputusan memindah Ibu kota pemerintahan, harus dibarengi dengan kajian mendalam, termasuk menyiapkan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) dan RDTR (Rencana Detail Tata Ruang), agar tidak mengulang kesalahan Jakarta," kata Baidowi saat dihubungi, Senin 29 April 2019.

Ia mengatakan, hal ini sebuah keinginan lama. Sebab, melihat padatnya Jakarta sebagai ibu kota yang memegang dua fungsi, yakni kota pemerintahan dan pusat niaga. 

Penampakan Gedung di IKN, dari Kantor Menteri Hingga Wakil Presiden

"Sehingga, yang terjadi beban Jakarta sangat berat. Macet jadi sangat akut di Jakarta. Banjir pun begitu," kata Baidowi.

Ia mencontohkan, misalnya mulai dari sistem tata letak perkantoran, infrastruktur, transportasi, serta aspek keamanan. Jangan sampai, di ibu kota yang baru justru macet, banjir, dan kriminalitas menjadi masalah baru.

Yasonna Beberkan Alasan Pemerintah Kirim Draf Revisi UU IKN ke DPR pada 2023

"Negara-negara di dunia, juga banyak yang melakukan pemindahan ibu kota dan berhasil," kata Baidowi. (asp)

Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara, Kemenkeu, Encep Sudarwan

Aset Pemerintah di Jakarta yang Ditinggal ke IKN Wajib Diserahkan ke Kemenkeu

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan nasib aset-aset Pemerintah di Jakarta setelah ibu kota, pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2023