JK: Masalah dengan Vietnam Kita Selesaikan Secara Baik

Kapal berbendera Vietnam menabrak KRI Tjiptadi 381 di Laut Natuna.
Sumber :
  • instagram

VIVA - Insiden antara kapal KRI Tjiptadi 381 dengan kapal Vietnam sempat menimbulkan ketegangan. Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa masalah itu telah diselesaikan dengan baik.

Pengemudi Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Kesal karena Israel Tutup Perbatasan

"Menlu sudah protes. Kita panggil dubesnya di sini, dan juga kita selesaikan secara baik," kata JK di Istana Wapres, Jakarta, Selasa, 30 April 2019.

JK juga menyampaikan pemerintah Indonesia dan Vietnam saat ini masih terus berunding mengenai masalah perbatasan. Karena menurutnya rawan terjadi bentrok.

Hizbullah Tembakkan 15 Roket ke Wilayah Israel

"Kalau perbatasan Indonesia-Vietnam itu kan masih berunding. Batas kontinennya masih dibahas. Itulah yang terjadi Indonesia mengklaim, Vietnam mengklaim. Maka terjadi bentrok di situ," ujar JK.

JK mengakui pembahasan mengenai perbatasan ini tidak bisa cepat. Karena Indonesia dan Vietnam sama-sama membawa kepentingan negaranya masing-masing.

Pemilihan Presiden Rusia di Tengah Situasi Perang, Putin Bilang Begini

"Wah itu selalu lambat yang gitu-gitu. Semua pihak mempertahankan posisinya," kata JK.

Sebelumnya, insiden itu terjadi di Laut Natuna Utara, Sabtu, 27 April 2019, pukul 14.45 WIB. Kejadian bermula saat KRI Tjiptadi-381 melaksanakan patroli, di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara. (ase)

Pertemuan JMC RI-PNG di Jayapura, Papua.

Pertemuan JMC RI-Papua Nugini, Dirjen Adwil Kemendagri: Tingkatkan Kerja Sama di Perbatasan

Perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini sebagian besar berada di batas darat.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024