Logo BBC

Cacar Monyet: Antisipasi RI dan Tiga Hal Lain soal Virus asal Afrika

Virus cacar monyet selama ini disebut menjangkiti warga Afrika bagian tengah dan barat.-AFP
Virus cacar monyet selama ini disebut menjangkiti warga Afrika bagian tengah dan barat.-AFP
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Kota Batam memperketat pengawasan terhadap penumpang kapal dan pesawat dari Singapura untuk mengantisipasi virus cacar monyet.

Antisipasi itu diklaim dilakukan setelah otoritas Singapura mengumumkan seorang warga Nigeria terbukti terjangkit dan membawa virus cacar monyet dari negaranya.

Meski virus ini dinilai tidak mematikan, ruang isolasi dan alat pendeteksi suhu tubuh disiagakan di pintu masuk Batam, kota terbesar terdekat Indonesia dari Singapura.

"Seluruh rumah sakit swasta dan puskesmas kami minta waspada. Kalau ada yang mencurigakan, langsung rujuk ke RS Embung Fatimah dan RS BP Batam," kata Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi, Senin (13/05).

Batam dan Singapura berjarak sekitar satu jam perjalanan laut. Merujuk data imigrasi, warga asing terbanyak yang masuk ke Batam berasal dari negara tersebut.

Kepada BBC News Indonesia, Didi mengatakan sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia, Batam mempunyai strategi kontigensi menghadapi potensi masuknya virus penyakit dari luar negeri.

Selama ini, kata Didi, otoritas Batam terbiasa menelisik virus MERS-CoV yang diidap jemaah haji yang baru pulang dari Timur Tengah.