Logo timesindonesia

Ketua PCNU Banyuwangi: Mbah Moen Sosok Jiwa Nasionalisme Tinggi

KH. Maimoen Zubair dan KH. Ali Makki Zaini. (Foto: Istimewa)
KH. Maimoen Zubair dan KH. Ali Makki Zaini. (Foto: Istimewa)
Sumber :
  • timesindonesia

KH Ali Makki Zaini, Ketua PCNU Banyuwangi mengungkapkan sosok KH Maimun Zubair adalah sosok kiai karismatik yang mempunyai jiwa nasionalisme sangat tinggi. Ia juga turut berduka cita atas meninggalnya kiai sepuh yang akrab disapa Mbah Moen tersebut, Selasa (6/8/2019).

Menurut KH Ali Makki, tausiah paling berkesan dari sosok KH Maimun Zubair adalah perihal Keindonesiaan karena mampu menunjukkan rasa cinta Mbah Moen terhadap Indonesia.

"Sebagai seorang ulama, selain mempunyai ilmu yang sangat tinggi, Mbah Moen juga mempunyai jiwa nasionalisme yang amat sangat tinggi. Bagi saya Mbah Moen itu ulama yang Indonesia banget," ucap pengasuh Ponpes Bahrul Hidayah, Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono, Banyuwangi ini.

Pria yang akrab disapa Gus Makki menyatakan sarung yang selalu dipakai Mbah Moen menunjukkan bahwa beliau sangat mencintai Indonesia.

"Selain itu, Mbah Moen juga mampu menembus skat-skat yang ada di NU. Meski beliau sebagai sesepuh di partai PPP, tetapi beliau mampu mampu menghilangkan itu ketikan ketemu dengan warga NU yang dari partai lain. Dan itulah Mbah Moen. Menurut saya, tidak hanya umat islam saja yang kehilangan, tetapi seluruh warga indonesia," terangnya. (*)