Logo timesindonesia

Peduli Korban Banjir Jakarta, PBNU Serahkan Bantuan Satu Miliar Rupiah

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) saat prosesi serah terima bantuan uang satu miliar bersam NU Care-LAZISNU. (Foto: NU Online/Syakir)
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) saat prosesi serah terima bantuan uang satu miliar bersam NU Care-LAZISNU. (Foto: NU Online/Syakir)
Sumber :
  • timesindonesia

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui NU Care-LAZISNU turut memberikan bantuan dana sebesar Rp 1 miliar kepada korban banjir Jabodetabek.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menjelaskan bahwa dalam bantuan tersebut tidak hanya berbentuk uang. Namun ada juga yang berbentuk barang fisik, seperti obat-obatan, makanan, baju, dan lain-lain.

“Jangan dilihat jumlahnya yang hanya 1 miliar ini, tapi ini merupakan kontribusi, kepedulian PBNU terhadap bencana musibah alam yang menimpa masyarakat Jabodetabek ini,” kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di sela-sela Konferensi Pers Refleksi dan Tausiyah Kebangsaan Nahdlatul Ulama Memasuki 2020 di Gedung PBNU, Jakarta Pusat.

Kemudian, PBNU juga mengajak masyarakat umum dan warga NU di seluruh nusantara agar bahu-membahu membantu korban banjir yang terjadi Jabodetabek. Bantuan tersebut diharapkan disalurkan melalui NU Care-LAZISNU.

“Mari kita peduli bersama-sama. Kita ta’awun al-birri wal ihsan. Mari kita kita bangun kepedulian bersama untuk memberikan idkholis surur (membahagiakan hati) walaupun semampu kita kepada saudara kita yang sedang terkena musibah. Dan saya harapkan bantuan tersebut disalurkan melalui NU Care-LAZISNU. Dijamin tanggung jawab, sampai, dan berkah,” kata Kiai Said.

Sementara Ketua NU Care-LAZISNU Pusat H Ahmad Sudrajat mengemukakan bahwa pihaknya membuka posko dapur umum, tenaga medis, dan bantuan lain di sejumlah titik yang terkena banjir.

“Semua banom dan lembaga bergerak bersama kita. Kalau personil yang sekarang ada di lapangan ada 500 lebih karena didukung oleh banom dan banser. Bisa dicek di lapangan. Posko kita ada di PWNU DKI, ada di Jakarta Timur, di Kemang, di Priuk, kemudiandi Bogor, di Rawabuaya, kemudian di Pamulang, Bekasi, di Lebak. Posko hari ini ada 12 dan akan bertambah terus karena kawasan PCNU dan MWCNU kita minta buka posko,” kata Ahmad Sudrajat.