Gara-gara Corona, CFD Ditiadakan Selama 2 Minggu

Car Free Day
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, memutuskan untuk meniadakan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor di ibu kota selama dua pekan ke depan.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Menurut Anies, yang juga mantan Mendikbud ini, peniadaan merupakan upaya Pemprov menekan penyebaran corona yang saat ini terus merebak.

"Untuk dua pekan ke depan, demi menjaga dan melindungi warga Jakarta dari potensi penularan, maka dua minggu ke depan Pemprov DKI Jakarta meniadakan hari bebas kendaraan bermotor," ujar Anies di Balairung Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 11 Maret 2020.
 
Anies menyampaikan, Pemprov, lalu akan meninjau ulang pelaksanaan kebijakan usai dua pekan. CFD bisa kembali diadakan jika ada penurunan merebaknya corona.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Sesudah dua minggu, kita akan pantau lagi. Ini kita lakukan sambil melihat bagaimana perkembangan penularan corona virus ini," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, sekali pun populer, CFD sebagai kesempatan ribuan warga bisa berkumpul di area terbuka, adalah hal yang harus ditiadakan sementara. Pemprov mengambil langkah mencegah pengumpulan massa selama masa tanggap corona.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Sesudah dua minggu, nanti kita kaji. Tapi hari Minggu depan dan Minggu berikutnya, CFD ditiadakan," ujar Anies.
 

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023