34 Mahasiswa Bethel Petamburan Positif Corona, Kemungkinan Bertambah

Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Sebanyak 34 mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi (STT) Bethel Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, terpaksa harus dievakuasi ke Rumah Sakit Darurat Covid Wisma Altlet, Kemayoran. Mereka diketahui positif virus corona atau covid-19.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Menurut Lurah Petamburan, Setiyanto, sebelum proses evakuasi dilakukan, kalau asrama di sekolah tersebut sudah dalam status diisolasi. Berdasarkan informasi kepala Puskesmas Tanah Abang, ada mahasiswa dalam status PDP menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng. 

"Betul ada 34 mahasiswa dibawa ke RSD Covid-19," kata Setiyanto kepada VIVAnews, Kamis malam 16 April 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Berdasarkan temuan adanya mahasiswa yang dinyatakan PDP, kemudian dilakukan secara massal terhadap seluruh mahasiswa yang ada di asrama sekolah tinggi teologi tersebut. Hasilnya, ada 34 mahasiswa yang dinyatakan positif corona.

"Hasilnya baru ketahuan beberapa hari lalu. Yang dibawa itu yang ketahuan sudah positif Covid-19. Baru 34 orang yang ketahuan, ada kemungkinan lebih," katanya.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19


Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari menambahkan, pemindahan 34 mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Bethel itu dilakukan agar mereka mendapatkan perawatan medis yang lebih baik dibandingkan dengan isolasi mandiri.  

Meski demikian, para pasien kluster Bethel tersebut saat ini secara keseluruhan memiliki kondisi klinis yang baik. Ada 34 orang, termasuk 47 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Petamburan. 

"Saat ini kondisi klinis (pasien kluster Bethel) dalam kondisi baik," ujar Erizon. 

Dalam situs corona.jakarta.go.id, hingga Kamis malam pukul 20.20 WIB tercatat, bahwa Kelurahan Petamburan merupakan kelurahan nomor satu di DKI Jakarta dengan kasus positif Covid-19 terbanyak. 

Hingga saat ini diketahui sebanyak 243 dari 267 kelurahan di DKI Jakarta terkonfirmasi memiliki kasus positif Covid-19, dengan total kasus sebanyak 2.670 kasus. Dengan rincian 1.601 orang menjalani perawatan intensif, 619 orang menjalani isolasi mandiri, 248 orang meninggal dunia, dan 202 orang dinyatakan sembuh.

Update informasi Anda terkait penanganan wabah   corona melalui tautan berikut ini,

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya