Tak Ada Kompromi untuk Aparat yang Ingkari Pancasila 

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB di Sidang Bersama DPD-DPR
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya di sidang DPR menyinggung aparat negara yang tak sejalan dengan Pancasila. Dia menegaskan,  peningkatan kualitas dan budaya aparat harus diubah.

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

Aparat negara yang dimaksud adalah birokrat, TNI, Polri dan pejabat BUMN. Belakangan ini memang santer isu yang beredar bahwa radikalisme telah merasuk ke sejumlah lembaga negara termasuk perguruan tinggi.

"Harus segera berubah. Kita tidak kompromi aparat yang mengingkari Pancasila," ujarnya dalam sidang tahunan bersama DPD RI-DPR RI, Jumat 16 Agustus 2019.

Besok, Jokowi Bertemu CEO Microsoft di Istana Negara

Bukan hanya itu, Jokowi juga menegaskan agar seluruh kualitas pelayanan aparat harus dirasakan oleh masyarakat bawah. "Kita tidak kompromi aparat yang tidak melayani yang tidak turun ke bawah," katanya. 

Sebaliknya, lanjut Jokowi, pihaknya akan mencari dan memberikan apresiasi kepada para aparatur negara yang menebarkan optimisme kepada rakyat. "Yang sepenuh hati melayani rakyat," katanya. 

Kunjungan Terakhir PM Lee, Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Pertahanan dengan Singapura

Di satu sisi, Jokowi menuturkan bahwa realisasi anggaran bukan diukur dari seberapa banyak anggaran yang telah dibelanjakan, tetapi diukur dari seberapa baik pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat.

"Kemudian ukuran akuntabilitas pemerintahan jangan dilihat dari seberapa banyak formulir yang diisi dan dilaporkan, tetapi seberapa baik produk yang telah dihasilkan. Anggaran negara harus sepenuhnya didedikasikan untuk rakyat," ucapnya.

Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsin Loong di Istana Bogor

Jokowi Minta PM Singapura Dukung Pembangunan Pembangkit Listrik di IKN Nusantara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong agar mendukung pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Ibu Kota Negara (IKN)

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024