Sekuriti Perempuan Ajukan Ganti Kelamin di Surabaya

Ilustrasi gender atau jenis kelamin.
Sumber :
  • Pixabay/3dman_eu

VIVA – Seorang perempuan berusia 19 tahun dikabarkan mengajukan permohonan ganti identitas kelamin ke Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur. Pemohon asal Kota Surabaya itu diketahui berjenis kelamin perempuan, namun secara fisik sudah seperti laki-laki, termasuk pada bagian dadanya.

Presiden AS Joe Biden Dikritik Gegara Umumkan Hari Transgender Bersamaan dengan Hari Paskah

Juru bicara Pengadilan Negeri Surabaya, Sigit Sutriono, membenarkan informasi permohonan ganti identitas kelamin tersebut. Sigit mengaku termasuk hakim dalam perkara tersebut. "Benar, ada pengajuan ganti identitas, dari perempuan ke laki-laki," katanya kepada wartawan kemarin.

Sigit merahasiakan identitas rinci pemohon. Dia menjelaskan, sejak kecil pemohon memiliki kelamin ganda, yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan medik. Namun, dia lebih dikenal sebagai perempuan. Saat ini, pemohon berprofesi sebagai sekuriti di sebuah sekolah di Surabaya.

Kerusuhan Antara Transgender Thailand dan Filipina di Bangkok, Polisi Ambil Tindakan Tegas

Lama-lama, ujar Sigit, kromosom kelaki-lakian pemohon lebih dominan. Pemohon juga mengaku lebih nyaman menjadi seorang laki-laki. Teman-temannya juga kebanyakan laki-laki. "Tampilannya juga sudah seperti laki-laki."

Dalam pemeriksaan diketahui, secara medik kelamin perempuan pemohon sudah tidak berkembang karena sudah dimatikan sesuai keinginan pemohon. "Baru sidang sekali. Kita tunda karena pemohon belum siap. Rabu pekan depan (30 Oktober 2019 sidang digelar lagi)," ujar Sigit.

Kelompok LGBTQ Gugat Jaksa Agung Texas, Ada Apa?
Parida Kerayuphan (kanan) dan Kantong Passarapon

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Transgender Thailand Parida Kerayuphan dan Kantong Passarapon meminta pembebasan tugas dinas wajib militer.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024