Pekan Ini, Kapolri Akan Tunjuk Kabareskrim

Kapolri Jenderal Idham Azis
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis akan segera menunjuk sosok perwira tinggi Polri yang akan menempati posisi Kepala Badan Reserse Kriminal atau Kabareskrim pada pekan ini. Posisi kabareskrim saat ini kosong.

5 Perwira Polri Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa usai Lumpuhkan Gembong Bom Bali Dr Azhari

Posisi lowong setelah Idham Azis resmi ditunjuk sebagai Kapolri oleh Presiden Jokowi.

"Insya Allah (pekan ini)," kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 5 November 2019.

Kabar Terbaru Ipda Irfan Urane Anak Buah Irjen Karyoto, Kini Jadi Atasannya Bang Jacklyn

Iqbal menuturkan, penunjukan jabatan jenderal bintang tiga itupun merupakan hak prerogatif Kapolri. Meskipun begitu proses pemilihan tetap melewati proses Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

"Itu kan hak preogratif beliau tapi kan ada mekanismenya, harus ada wanjakti yang dipimpin Kapolri dan staf," katanya.

Sosok Jenderal Idham Azis, Eks Kapolri yang Gabung Tim Kampanye Prabowo-Gibran

Meskipun akan menentukan Kabareskrim dalam waktu dekat, Polri belum bisa mengungkap nama-nama yang masuk ke dalam bursa jabatan tersebut.

"(Untuk nama-nama) tidak bisa dong," ujar Iqbal.

Namun yang pasti, kata Iqbal, seluruh pejabat tinggi Polri aktif baik bintang tiga atau dua saat ini memiliki peluang yang sama untuk bisa menjabat Kabareskrim.

Iqbal menambahkan, yang menjadi landasan Kapolri dalam menunjuk Kabareskrim, adalah sosok yang memiliki pengalaman, prestasi dan berintegritas.

"Yang jelas semua perwira tinggi bintang 2-3 berpeluang, Kapolri akan tunjuk pati yang berinterigrtas, mempunyai track record rekam jejak yang baik. Karena jabatan Kabareskrim adalah jabatan yang penting di Kepolisian," kata Iqbal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya