Mahasiswa Riau Tolak Niat Gubernur Ngutang Rp4,4 T untuk Infrastruktur

Mahasiswa tolak rencana gubernur Riau ngutang untuk bangun infrastruktur.
Sumber :
  • Bambang Irawan/VIVAnews.

VIVA – Presiden Mahasiswa Universitas Riau, Sayfrul menyampaikan para mahasiswa menolak rencana peminjaman dana senilai Rp4,4 triliun kepada pihak ketiga, guna pembangunan infrastruktur di Riau. Mereka menilai, langkah yang ditempuh Gubernur Riau, Syamsuar sangat kurang tepat.

Soal Kenaikan UKT di PTN, Ini Klarifikasi Kemendikbud

"Tidak semestinya Riau ngutang dengan angka sebesar itu. Kita khawatir ke depan, akan menjadi beban bagi daerah," kata Syafrul kepada VIVAnews, saat menggelar aksi di tugu zapin Jalan Sudirman, Pekanbaru, Kamis 7 November 2019.

Syafrul menjelaskan, dalam hal ini mahasiswa selaku perwakilan masyarakat menolak dan tidak setuju langkah itu dilakukan. Mereka meminta kepada Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Riau, tidak diam dalam rencana ini. 

Utang Luar Negeri RI Kuartal I-2024 Turun Jadi US$403,9 Miliar, Investor Tarik Dana di SBN

"Jangan sampai, DPRD Riau memberikan ruang, apalagi menyetujuinya. Sebab, kita tahu bahwa DPRD memiliki peran sangat penting dalam kemajuan daerah bumi melayu ke depan," sambung Syafrul.

Sebagaimana ramai diberitakan, Syamsuar melakukan upaya peminjaman dana kepada pihak ketiga dalam rangka peningkatan pembangunan infrastruktur di Riau. 

Laporan Dicabut Rektor UNRI, Mahasiswa Tetap Tuntut Biaya UKT Mahal Direvisi

Terkait rencana ini, sejumlah fraksi dari DPRD Riau sempat menolaknya. Saat ini, Pemerintah Provinsi Riau masih melakukan kajian terkait rencana tersebut.

Ilustrasi mahasiswa perguruan tinggi.

Kuliah di PTN Indonesia Tetap Bayar Tidak Seperti di Luar Negeri, Ini Penjelasan Kemendikbud

Biaya pendidikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia kerap menarik perhatian di masa penerimaan mahasiswa baru.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024