Ratusan Bangkai Babi Dikubur Massal di Tepi Danau Siombak

Pemerintah Kota Medan mengubur 351 bangkai babi di tepi Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan, dengan menggunakan alat berat berupa eskavator, Selasa, 12 November 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Putra Nasution

VIVA – Pemerintah Kota Medan mengubur 351 bangkai babi di tepi Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan, dengan menggunakan alat berat berupa eskavator, Selasa 12 November 2019.

Ahli Bedah di AS Berhasil Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

Penguburan bangkai babi dengan menggali lima lubang. Ratusan babi mati itu sebelumnya ditarik dari Danau Siombak oleh tim gabungan dari Pemkot Medan sejak Senin 11 November 2019.

“Total hewan yang kami kubur sebanyak 351 ekor,” kata Camat Medan, Marelan M Yunus kepada wartawan di lokasi penguburan bangkai babi.

Bicara Pemilu 2024, Mahfud MD Singgung soal Politik Gentong Babi dan Kerah

Meski sudah dikubur, tidak serta merta Danau Siombak dan Sungai Bedera Kota Medan bersih dari bangkai babi. Masih banyak lagi belum ditarik dari permukaan air. Namun, proses pembersihan bangkai masih terus dilakukan oleh tim gabungan dari Pemkot Medan, BPBD, polisi, TNI, dan masyarakat.

“Masih ada tim kedua tim kita di Sungai Bederah yang mengalir kemari, termasuk di sana sudah disiapkan lubang untuk menguburkan bangkai,” kata Yunus. 

Viral Seorang TikToker Tidak Sengaja Makan Daging Babi, Bagaimana Hukumnya? Begini Kata Buya Yahya

Penguburan bangkai babi diupayakan cepat. Jika terlambat, air laut akan pasang, sehingga alat berat akan kesulitan mengangkut babi itu. Karena Danau Siombak tidak jauh dari pesisir laut Belawan. Kondisi tersebut, yang membuat upaya penguburan sehari sebelumnya terpaksa dibatalkan.

Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham.

BPJPH: Produk Non Halal di Indonesia Wajib Cantumkan Keterangan Tidak Halal

BPJPH) Kementerian Agama menegaskan bahwa produk yang berasal dari bahan yang tidak halal atau non halal dikecualikan dari kewajiban sertifikasi halal.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024