Ketua KPK Minta Bahu-membahu Hilangkan Bencana Korupsi di Negeri Ini

Mantan Ketua KPK, Agus Raharjo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia)  di lantai 3 Gedung KPK, Jalan Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan, Senin, 9 Desember 2019.

KPK Soroti Fenomena Pejabat Flexing di 2023 Berujung Pengungkapan Korupsi, Terheboh Rafael Alun!

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Agus Rahardjo mengatakan, tema peringatan hari ini adalah "Bersama melawan korupsi mewujudkan Indonesia maju."

Untuk itu, ia mendorong pejabat di kementerian, lembaga, di daerah maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk turut memperingati hari anti korupsi sedunia ini. "Supaya seluruh elemen bangsa bahu membahu untuk mencoba menghilangkan, meminimalkan bencana korupsi di negara kita," kata Agus Rahardjo di lokasi.

KPK Gelar Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2023 Pekan Depan, Presiden Jokowi Bakal Hadir

Agus menuturkan, dalam perjalanannya memimpin KPK selama empat tahun merasa bersyukur Indeks Persepsi Korupsi Indonesia itu trennya positif membaik. "Terakhir nilainya adalah 38 masih kita tunggu di akhir tahun ini yaitu tahun 2019 nanti akan segera diumumkan kita berharap tren naik tadi kita pertahankan," katanya.

Indeks persepsi korupsi itu dikeluarkan oleh lembaga internasional transparansi di Berlin. Jika dilihat indeks persepsi korupsi ini, mengukurnya itu terkait banyak hal dan variabel. Ada masalah politik, ekonomi, persaingan baik persaingan  bangsa maupun persaingan di dunia usaha.

Nawawi Pomolango Tanya Jajaran: Emang Masih Ada Orang yang Mau Datang ke Acara KPK?

Oleh karena itu, Agus menambahkan, mewujudkan indeks ini naik, itu pasti bukan hanya KPK, namun presiden sebagai panglima pemberantasan korupsi harus bisa mengkordinasikan semua pihak, untuk kemudian secara bersama-sama bisa mengatasi kelemahan yang terjadi di banyak sektor, banyak elemen dan banyak pihak.

"Jadi kami sangat berharap di tahun-tahun yang akan datang koordinasi ini akan lebih baik lagi dan kita bisa mewujudkan Indonesia yang sejahtera makmur dengan tingkat korupsi seminimal mungkin," katanya.
 

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024