Nawawi Pomolango Tanya Jajaran: Emang Masih Ada Orang yang Mau Datang ke Acara KPK?

Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango
Sumber :
  • KPK

Jakarta – Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango mengatakan bahwa dirinya telah mengajak seluruh Deputi dan Sekertaris Jenderal di KPK untuk melakukan pertemuan dan mengevaluasi kinerja di lapangan yang baru. Pasalnya, saat ini kata Nawawi, KPK tengah dilanda kondisi tidak baik-baik.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

"Kenapa saya meminta seperti itu? Sekarang ini kita lagi dihadapkan dengan musim yang lagi tak baik-baik aja," ujar Nawawi kepada wartawan, Kamis 30 November 2023.

Nawawi menuturkan kalau sejatinya dia pun ragu ketika diminta untuk membuka acara Rakornas Pendidikan Antikorupsi 2023 bertema 'Sinergi Membangun Generasi Antikorupsi' di kawasan Jakarta Selatan. Sebab, Nawawi berpikir apakah saat ini masih ada publik yang percaya dengan lembaga antirasuah.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Nawawi Pomolango dilantik sebagai Ketua KPK sementara waktu oleh Presiden Jokowi

Photo :
  • Humas Setkab

"Saya jadi agak ragu tadi, kemarin dibilang membuka acara rakernas PAK. Dengan musim yang tidak baik-baik aja saya tanyakan ke pak deputinya, 'masih adakah orang yang datang ke acara kita?'," kata Nawawi.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Pun, Nawawi menyebutkan jangan hanya teriak jujur tetapi tidak jujur ketika dilanda situasi yang tidak baik.

"Jangan cuma kita teriak-teriak jujur itu hebat, tapi kita tidak jujur dengan situasi yang ada. Karenanya saya telah meminta untuk menghold sejumlah kegiatan lapangan yang sedianya tidak terlalu mendesak dan bisa ditunda," tukasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dilantik sebagai Ketua KPK sementara oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, menyusul penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka kasus pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Usai mengucapkan sumpah jabatan, Nawawi mengatakan salah satu hal yang menjadi perhatian sekaligus beban KPK adalah tergerusnya rasa kepercayaan publik terhadap lembaga antirasuah itu.

Padahal, katanya, kepercayaan publik adalah modal KPK dalam menjalankan tugas.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya