DPR Ingatkan Publik Tak Mudah Percaya Media Abal-abal soal Corona

Para penumpang kereta cepat baru tiba di Stasiun Tianjin, China, dengan mengenakan masker untuk menghindari wabah virus corona. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie

VIVA – Dewan Perwakilan Rakyat mengingatkan pemerintah, agar meningkatkan kewaspadaan, menyusul kian meluasnya wabah virus corona yang berasal dari China, dan kini menyebar di sejumlah negara.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Terutama pemerintah, diminta siap sedini mungkin melakukan langkah-langkah preventif, agar virus mematikan yang menyerang pernapasan itu dapat dilokalisasi.

"Korbannya sudah banyak di luar negeri dan menjadi isu global amat serius. Jangan sampai kita semua terlambat mengantisipasi dan akhirnya menjadi epidemi baru di Indonesia," kata anggota Komisi IX DPR RI, Anggia Erma Rini melalui keterangan tertulisnya kepada VIVAnews, Senin 27 Januari 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Anggia mengusulkan kepada pemerintah, agar melakukan langkah-langkah pencegahan, di antaranya pemeriksaan kesehatan kepada semua warga Indonesia dan warga asing yang baru saja datang dari China, terutama dari kota Wuhan, dan merilis travel warning bagi warga Indonesia yang hendak bepergian ke Wuhan.

Pemerintah, katanya, mestinya juga aktif mengedukasi masyarakat tentang bahaya virus corona, gejala dan tanda-tanda penderitanya, dan upaya untuk menghindarinya. Memberi peringatan khusus di bandara-bandara skala internasional di Indonesia, mengenai informasi virus corona, dan virus-virus lain seperti SARS dan MERS.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

“Mengimbau masyarakat tetap tenang dan waspada, serta tidak mudah percaya hoaks dan berita-berita bohong yang sering muncul di media abal-abal non-mainstream, dan selalu mengonfirmasi kebenarannya kepada pemerintah dan instansi kesehatan yang kredibel,” ujarnya.

Dirjen WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus

20 Kali Lebih Mematikan dari COVID-19, WHO Minta Bersiap Hadapi Penyakit X

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, telah mendesak negara-negara untuk menandatangani perjanjian pandemi baru, ketika ia memperingatkan tentang penyakit X.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2024