Banjir Bandang di Bondowoso Disebabkan Kebakaran Hutan dan Lahan

Banjir bandang di Probolinggo. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Dokumentasi BNPB

VIVAnews - Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah pegunungan Ijen hingga memicu banjir bandang di Kabupaten Bondowoso pada Rabu, 29 Januari 2020. Pantauan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat menyebutkan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karthutla) 2019 lalu di wilayah hulu atau pegunungan Ijen menjadi faktor kejadian banjir bandang tersebut.

Badai Ekstrem Landa Brasil, 10 Orang Tewas

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo, menyampaikan banjir ini melanda Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sekitar pukul 13.00 WIB. Dia mengatakan BPBD mencatat sebanyak 200 keluarga terdampak banjir dan mereka mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat terdekat.

"Ketinggian air genangan yang bercampur lumpur setinggi kurang lebih 60 cm," kata Agus melalui keterangan resminya.

Jalanan di China Selatan Ambruk dan Longsor, 36 Orang Tewas

Usai kejadian, lanjut Agus, Tim Reaksi Cepat BPBD Bondowoso melakukan kaji cepat, evakuasi korban dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Sehubungan dengan prakiraan cuaca, Agus mengatakan BMKG memonitor wilayah Jawa Timur pada status ‘Waspada.’

"Prakiraan yang berlaku pada 29 Januari 2020, pukul 07.00 WIB hingga 30 Januari 2020, pukul 07.00 WIB, hujan lebat berpotensi terjadi di provinsi ini," katanya.

Banjir dan Tanah Longsor Mematikan di Kenya, 179 Orang Tewas
Hujan lebat melanda Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Setelah Banjir Bandang, UEA Kini Dilanda Badai hingga Hujan Es

Pusat Meteorologi Nasional UEA telah mengeluarkan peringatan oranye, yang merupakan peringatan cuaca berbahaya, untuk sebagian besar wilayah UEA hingga Kamis malam.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024