Wapres Ma'ruf Amin Kenang Pengabdian Gus Solah pada Bangsa dan Negara

Wakil Presiden KH Maruf Amin
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertakziah ke rumah duka almarhum pimpinan Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, KH. Salahudin Wahid, di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin pagi 3 Februari 2020.

Fakta Proses Pamakaman Gus Sholah di Tebuireng

Ma'ruf mengenang sosok tokoh Nahdlatul Ulama tersebut. Ma'ruf yang juga berasal dari kalangan Nahdliyin ini mengingat Gus Solah sebagai orang yang kerap mengabdikan dirinya.

"Orang yang banyak mengabdikan diri terhadap masalah kenegaraan, keagamaan," kata Ma'ruf.

Din Syamsuddin: Gus Sholah Negarawan, Figur Penuh Kebijaksanaan

Wapres juga menyebut Gus Solah punya andil positif bagi dunia pesantren. Saat memimpin Pondok Pesantren Tebuireng, dunia pesantren menurutnya menjadi berkembang lebih maju.

"Yang pasti, beliau saat memimpin Tebuireng, pesantren itu menjadi maju, berkembang dan banyak perubahan besar dalam pembangunan pesantrennya," ujar Ma'ruf.

VIDEO: Gus Sholah Ternyata Mengidolakan Elvis Presley saat Remaja

Dalam takziah ini, Wapres Ma'ruf sempat menjadi imam solat jenazah pada sekitar pukul 05.20 WIB. Setelah kedatangan Ma'ruf, Presiden Joko Widodo menyusul datang tidak lama kemudian.

Ribuan orang mendatangi kompleks Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, dalam pemakaman Salahuddin Wahid alias Gus Sholah di kompleks pemakaman keluarga di sana, Senin, 3 Februari 2020.

VIDEO: Keranda Jasad Gus Sholah Tersendat-sendat Menuju Liang Lahat

Ribuan orang datangi Pesantren Tebuireng beri penghormatan Gus Sholah.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2020