Video Sujiwo Tejo Sebut Tak Salah Agama Musuh Pancasila

Budayawan Sujiwo Tejo
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Budayawan Sujiwo Tejo menyentak sejumlah pembicara dalam diskusi di Indonesia Lawyers Club (ILC) tvOne, pada Selasa 18 Februari 2020 yang bertemakan 'Agama Musuh Besar Pancasila?'.

Bertemu Erick Thohir, Sujiwo Tejo Ungkap Pentingnya Memperbanyak Dialog

Menurut dia, diskusi yang dilakukan dengan tema tersebut sangat tak berdasar, terlebih setiap pembicara tak memiliki rasa pancasila dan tak terlihat perilaku pancasilanya.

Ia pun menyebut, dalam perjalanan sejarahnya Pancasila yang sudah ada di dalam piagam Jakarta, sehingga menurutnya agama sudah menyatu dalam sosiokulturalnya di dalam masyarakat.

Sujiwo Tejo: Masyarakat Jangan Cuma Dengarkan Kalimat Capres, tapi Lihat Sorot Matanya

"Nah orang kalau sudah jadi satu dalam sosiokulturnya dalam agama, siapa musuh terbesarnya? ya pasti dirinya sendiri," tegas Sujiwo Tejo.

Dengan demikian, ia pun mempertanyakan kembali tentang apa salahnya musuh terbesar pancasila adalah agama, sebab agama sudah menyatu di dalam pancasila.

Sujiwo Tejo Pertanyakan Nasionalisme Tom Lembong

"Ini perang besar, tapi ada yang lebih besar yaitu memerangi dirinya sendiri. Jadi nggak salah mengatakan itu. Dan ini bukan membela pak Jokowi, karena ini seperti peringatan dari tuhan," tambahnya.

Berikut video lengkapnya:

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya