Museum SBY-Ani dan Wacana Khofifah Bangun Bandara Perintis di Pacitan

SBY dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Museum SBY Ani di Pacitan
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap Museum dan Galeri Seni SBY-ANI yang dibangun Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) jadi pendongkrak wisata di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Karena itu ia terpikir untuk membangun Bandara Rintisan untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke kabupaten batas selatan Jatim itu. 

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

"Museum ini memberikan pelajaran dan pengalaman bagaimana perjuangan Pak SBY dan Ibu Ani. Museum ini akan menjadi gravitasi baru bagi Pacitan," kata Gubernur Khofifah saat sambutan dalam peletakan batu pertama Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada Sabtu, 22 Februari 2020.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah berembug dengan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak yang juga hadir di kesempatan tersebut, agar akses wisatawan ke Pacitan harus diperlancar. Meski sudah ada Jalan Lintas Selatan, menurutnya dibutuhkan opsi akses transportasi lainnya, misalnya lapangan terbang perintis. 

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

Bandara perintis akan memudahkan wisatawan yang ingin ke Pacitan dari Surabaya, Malang, Yogya, Solo  maupun Kediri, sehingga waktu tempuhnya juga akan terpangkas. "Infrastruktur yang ada mungkin dari Solo, dari Yogya, lebih memungkinan bisa mengakses ke sini.  Nah kemungkinan akan bisa disiapkan lapangan terbang perintis," terang Khofifah.

Opsi tersebut memungkinkan dan diharapkan jadi penyambung antardaerah di Jatim, seperti dioperasikannya Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, dan Bandara Bawean di Gresik. "Ini sangat memungkinkan, terlebih potensi wisata alam Pacitan juga sangat besar dan indah sekali. Sehingga sekarang butuh disiapkan feasibility studinya, karena di sini banyak pegunungan," ujar Khofifah.

PDIP Lirik Khofifah di Pilgub Jatim 2024, Bangun Komunikasi dengan Gerindra

Bupati Pacitan Indartato turut senang dengan keberadaan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI. Ia meyakini jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pacitan akan meningkat, lebih banyak dari jumlah 2.300 orang selama tahun 2019. "Mudah-mudahan dengan adanya museum ini jumlah pengunjung ke Pacitan meningkat," katanya.

Selain SBY beserta keluarga dan Khofifah, peletakan batu pertama Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Pacitan juga dihadiri oleh Wakil Presiden Kesebelas Budiono dan jajaran menteri dan pejabat Kabinet Indonesia Bersatu masa SBY menjabat presiden. Mereka di antaranya Dahlan Iskan, M. Nuh, Hatta Rajasa, Zulkifli Hasan, Andi Mallarangeng, Chairul Tanjung, Roy Suryo, dan lainnya.
 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

Eks Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan bakal kembali maju dalam kontestasi Pilkada Jawa Timur 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024